4.200 Pengurus Bank Sampah Ikuti Pelatihan Pengelolaan Sampah Oleh Kementerian LHK

- 26 Februari 2021, 22:00 WIB
Ilustrasi program Bank Sampah di Kota Bandung.
Ilustrasi program Bank Sampah di Kota Bandung. /ANTARA/M Agung Rajasa

PORTAL MAJALENGKA-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) mengadakan pembelajaran elektronik tentang pengelolaan sampah yang diikuti 4.200 pengurus bank sampah seluruh Indonesia.

Ketua Umum Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi) Saharuddin Ridwan mengatakan akan menangani secara serius peningkatan volume sampah di Indonesia.

Pengelolaan  sampah menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi volume sampah yang saat ini terus meningkat.

Baca Juga: Indonesia Kini Punya Taksi Terbang dengan Rute Bandara Soetta ke 72 Titik Jabodetabek

Dengan diadakannya pelatihan pengolahan sampah, Ridwan berharap masyarakat bisa mengatasi produktifit sampah khususnya di ranah rumah tangga dengan pengelolaan yang benar.

"Materi pembelajaran saya terkait manajemen bank sampah dengan durasi 10 jam. Jadi 3 jam teori dan 7 jam praktek. saya yang terbiasa bicara di depan masyarakat langsung dua sampai tiga jam tapi sementara ini 10 jam dengan metode belajar via zoom," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sahar mengatakan permasalahan sampah merupakan permasalahan nasional yang memerlukan pengelolaan secara holistik, sistemasis dan terintegrasi.

Baca Juga: Jangan Ragu, Masyarakat Diminta Lapor jika Lihat Oknum Polisi Mabuk

"Pemerintah harus melakukan upaya pengelolaan sampah melalui berbagai kebijakan yaitu dengan diterbitkannya UU No 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, PP No 81 Tahun 2012 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, PP No 27 Tahun 2020 tentang pengelolaan sampah spesifik," katanya.

Halaman:

Editor: Husain Ali

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x