Sektor Pertanian Belum Jadi Skala Prioritas Program Pemerintah, Fadli Zon: Petani Indonesia Masih Kerja Bakti

- 28 Agustus 2021, 17:34 WIB
Fadli Zon
Fadli Zon /Tangkapan Layar YouTube Fadli Zon Official/

PORTAL MAJALENGKA - Kondisi sektor pertanian di Indonesia masih belum didukung sepenuhnya oleh pemerintah. Kesejahteraan petani Indonesia juga belum sesuai dengan harapan.

Kondisi pertanian itu diungkapkan Anggota DPR RI yang juga Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Fadli Zon dalam acara Literasi Digital: Pemanfaatan Platform Digital untuk Pemasaran Hasil Pertanian, pada Kamis 26 Agustus 2021.

Fadli Zon menyebutkan, presiden sudah mengajak masyarakat menjadi petani. Tapi memang, ajakan yang simpatik itu belum didukung serta iklim yang baik bagi petani untuk memakmurkan dirinya.

Fadli Zon mengibaratkan, petani Indonesia masih kerja bakti. Petani belum mendapatkan keuntungan yang seharusnya diperoleh dengan baik.

Baca Juga: Dinas Pertanian Cirebon Catat 1.300 Hektare Sawah Terdaftar Asuransi

Karena sektor pertanian, menurut Fadli Zon, belum menjadi skala prioritas program pemerintah. Sehingga dukungan pemerintah terhadap sektor pertanian belum sepenuhnya maksimal.

Menurutnya, berbeda dengan petani di negar-negara lain. Petani di luar negeri didukung luar biasa.

Fadli Zon mencontohkan beberapa kondisi petani di beberapa negara tetangga. Seperti Thailand, Vietnam, Korea Selatan, dan Jepang.

Menurutnya, jumlah petani-petani mereka sebenarnya tidak banyak. Misalnya di Jepang kurang kebih 3 persen populasi penduduk. Di Korea Selatan juga petani mudanya itu yang usia di bawah 30 tahun sekitar 10 ribu.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah