V-Belt Motor Matic Bisa Alami Selip, Ketahui Penyebab dan Solusinya

- 17 Mei 2024, 21:52 WIB
V-Belt Motor Matic Bisa Alami Selip, Ketahui Penyebab dan Solusinya./Public Relation DAM
V-Belt Motor Matic Bisa Alami Selip, Ketahui Penyebab dan Solusinya./Public Relation DAM /

PORTAL MAJALENGKA - V-belt motor matic bisa mengalami selip. Kondisi ini penting untuk segera diantisipasi atau diatasi agar performa motor tidak terganggu. V-belt ini termasuk bagian komponen CVT yang punya peran vital.

V-belt berperan sebagai perantara yang menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang motor matic. Seiring waktu dan pemakaian komponen ini bisa alami kerusakan termasuk selip.

Untuk menjaga performa motor agar tetap optimal dan nyaman saat digunakan, kondisi v-belt motor matic yang selip sebaiknya segera dilakukan perbaikan sekaligus mencegah kerusakan meluas.

Baca Juga: INI Alasan Pengendara Pilih Motor Matic Injeksi Dibanding Karburator, Berikut Faktor yang Bikin Lebih Irit

Dirangkum dari berbagai sumber inilah beberapa hal yang jadi penyebab v-belt motor matic alami selip, berikut solusi mengatasinya.

1. Kotoran dan Debu

Penyebab v-belt motor matic selip salah satunya karena kotoran dan debu yang melekat bahkan menumpuk pada komponen tersebut.

Material kotoran seperti debu bersifat licin, hal itu akan berpengaruh daya cengkeram v-belt pada pulley berkurang, sehingga alami selip.

Baca Juga: Pernyataan Sikap Forum Pemred PRMN Kawal PPDB Tanpa Kecurangan dan Diskriminasi

Adapun solusi untuk mengatasinya adalah rutin melakukan pembersihan pada v-belt motor matic secara berkala. Selain itu jangan biarkan bagian CVT terbuka. Bagi motor matic yang tidak memiliki pelindung CVT bawaan, sebaiknya gunakan aksesori tambahan sebagai penutup.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah