Gubernur BI : Kuartal IV Pertumbuhan Ekonomi Positif

- 12 November 2020, 08:30 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo optimis pertumbuhan ekonomi kuartal IV positif.
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo optimis pertumbuhan ekonomi kuartal IV positif. /kumparan

PORTAL MAJALENGKA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III terkontraksi minus 3,49 persen.

Kontraksi tersebut mengecil dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal II yakni minus 5,32 persen. BPS juga mencatat secara kuartalam pertumbuhan ekonomi Indonesia naik 5,05 persen.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimis pertumbuhan ekonomi kuartal IV tahun ini akan bergerak ke zona positif, setelah pada kuartal III mengalami pemulihan dari kontraksi sangat dalam pada kuartal II.

Baca Juga: Lebih Tinggi Dari September, Tasikmalaya Alami Inflasi 0,14 %

“Kenapa optimis? Bagaimana ekonomi kita membaik di kuartal III dan kuartal IV. InsyaAllah kuartal IV positif. Tahun depan 5 persen dan lima tahun ke depan 6 persen,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam pembukaan Indonesia Fintech Summit 2020 di Jakarta, Rabu 11 November 2020.

Perry Warjiyo menyatakan pemerintah, bank sentral, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terus berkoordinasi dalam rangka menjaga momentum pemulihan dan potensi terjadi pertumbuhan positif pada kuartal IV tersebut.

Baca Juga: OPTIMIS, Pertumbuhan Ekonomi Lebih Baik di Kuartal IV

“Moneter, fiskal, Stabilitas Sistem Keuangan (SSK), dan reformasi structural akan mendukung bagaimana pertumbuhan ekonomi kita sehingga keseluruhan ekonomi akan baik,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo.

Dia berkomitmen BI akan mengarahkan seluruh kebijakannya untuk mendukung stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Halaman:

Editor: Hanif Maulana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x