4 Tips Jaga Van Belt Sepeda Motor Matic Agar Awet dan Tetap Bekerja Optimal

- 23 April 2024, 09:54 WIB
v belt motor metik.
v belt motor metik. /suzuki.co.id/

PORTAL MAJALENGKA - Van belt atau V-belt merupakan salah satu komponen penting dan sangat berpengaruh terhadap performa motor matic. Sebaik apapun kondisi mesin tidak terasa nyaman ketika v-belt dalam kondisi buruk.

V-belt memiliki peran dan fungsi yang sangat krusial, komponen ini menjadi kunci penghubung antara mesin dan roda motor.

Karena itu kondisi v-belt harus terus dijaga dan dirawat agar performa motor matic tetap optimal.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah DAFTAR PPK atau PPS ke KPU untuk Pilkada via Online, Dijamin Sukses

Pemeriksaan v-belt harus secara berkala, ada baiknya dilakukan setiap kali motor telah mencapai 8.000 Km. Menurut standar penggunaan, rata-rata V-belt masih layak dipakai hingga 24.000 Km.

Berikut ini tips untuk menjaga V-belt agar tetap dalam kondisi maksimal dan awet beberapa hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1.Cek secara berkala

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa V-belt sebaiknya dicek secara berkala pada penggunaan 8.000 Km. Rata-rata komponen ini dapat digunakan hingga 24.000 Km. Selepas itu jangan lupa lakukan penggantian.

Baca Juga: Hari Ini Putusan MK soal Gugatan Pilpres, Polisi Tutup SekitarJalan Merdeka Barat

Meski begitu pergantian sebagaimana yang dimaksud juga tergantung bagaimana gaya berkendaranya. Yang pasti ketika kondisi ruang CVT lokasi V-belt ini kotor, maka harus segera dibersihkan, karena hal itu dapat memperpendek usia dari komponen tersebut.

Halaman:

Editor: Andra Adyatama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah