Kenapa Kelistrikan Motor Kok Sering Bermasalah? Begini Penjelasannya

- 2 Mei 2024, 19:48 WIB
Kenapa Kelistrikan Motor Kok Sering Bermasalah? Begini Penjelasannya./pexels @Mick Haupt
Kenapa Kelistrikan Motor Kok Sering Bermasalah? Begini Penjelasannya./pexels @Mick Haupt /

PORTAL MAJALENGKA - Mungkin di antara kita pernah atau bahkan sering mengalami kelistrikan pada sepeda motor bermasalah. Ketika kelistrikan motor bermasalah kegiatan berkendara juga terganggu, bahkan berpotensi bahaya.

Akibat kelistrikan motor bermasalah, beberapa fungsi dasar sepeda motor banyak yang terdampak, seperti halnya bagian lampu-lampu. Tidak hanya cahayanya yang redup, tetapi kondisi lampunya juga cepat putus.

Masalah kelistrikan motor terjadi karena beberapa hal. Adapun yang pasti terjadi adalah karena kondisi usia dari motor itu sendiri.

Baca Juga: Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Simpel Mudah Dipahami, Berikut ini Ulasannya

Lamanya usia pemakaian akan membuat kondisi kabel jaringan kelistrikan pada motor banyak yang menua lapuk, getas, lecet terkelupas, putus bahkan pula yang hangus akibat terjadi konsleting.

Tentu kondisi seperti ini tidak bakal bisa menjamin motor selalu aman untuk digunakan. Sistem kelistrikan ini juga terkait langsung dengan bagian baterai atau aki. Maka besar kemungkinan bagian ini juga ikut terdampak, sistem pengisian aki juga bisa terganggu.

Selain karena faktor usia pakai motor yang sudah tua, masalah kelistrikan juga sering terjadi setelah motor dimodifikasi dengan memasang berbagai aksesori yang menggunakan daya aki secara berlebih.

Baca Juga: Arab Saudi Tegaskan Aturan Haji Tahun Ini Lebih Diperketat, Ada Sanksi bagi yang Melanggar

Akibat dari penggunaan daya seperti itu dapat berimbas pada aki yang mengalami tekor. Ujungnya tentu aki bakal jadi soak atau rusak.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah