Jaga Agar Mesin Motor Tak Cepat Panas atau Alami Overheat, Lakukan 5 Langkah Berikut

- 11 Mei 2024, 16:54 WIB
Jaga Agar Mesin Motor Tak Cepat Panas atau Alami Overheat, Lakukan 5 Langkah Berikut
Jaga Agar Mesin Motor Tak Cepat Panas atau Alami Overheat, Lakukan 5 Langkah Berikut /Tekad Triyanto/ARAHKATA

PORTAL MAJALENGKA - Kondisi mesin motor yang cepat panas atau alami panas berlebih (overheat) akan menghambat kinerja motor serta lebih mudah mengalami kerusakan.

Kondisi mesin motor yang cepat panas atau alami overheat bisa disebabkan oleh banyak hal. Di antaranya karena kurang perawatan atau penggunaan suku cadang imitasi dan tidak berkualitas.

Kondisi mesin motor yang cepat panas atau alami overheat bisa diketahui dari beberapa tand. Seperti mesin menyala tapi mendadak tidak bertenaga atau bahkan secara tiba-tiba mogok padahal gas sudah maksimal.

Baca Juga: Harapan Timnas Indonesia U-23 Tampil di Olimpiade Paris Kandas, Takluk dari Guinea 0-1

Adapun jika kondisi panas atau overheat seperti ini terus dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan mesin motor, bakal mengalami kerusakan. Adapun beberapa cara yang harus dilakukan untuk menjaga agar mesin motor tidak cepat panas atau overheat antara lain.

1. Rutin Mengganti Oli

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga mesin motor agar tidak cepat panas atau mengalami overheat adalah dengan secara berkala dan rutin mengganti oli motor.

Peran oli sangat penting untuk melumasi mesin ketika sedang beroperasi. Oli ini akan meminimalisir gaya gesekan antar komponen. Di samping itu oli juga dapat berfungsi menjaga suhu mesin agar tetap stabil.

Baca Juga: Semarak Sepak Bola Buruh di Majalengka, Semangat Sportivitas dan Kebanggaan Daerah

Langkah pergantian oli secara berkala dan dilakukan secara rutin sangat efektif mengantisipasi kondisi mesin yang cepat panas atau alami overheat. Sekaligus dengan pola pergantian oli yang teratur akan dapat membuat kinerja mesin lebih maksimal dan optimal.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah