INILAH 4 Gejala Tanda Aki MF Sepeda Motor Injeksi Mulai Soak

- 10 Juni 2024, 18:45 WIB
INILAH 4 Gejala Tanda Aki MF Sepeda Motor Injeksi Mulai Soak /Unsplash
INILAH 4 Gejala Tanda Aki MF Sepeda Motor Injeksi Mulai Soak /Unsplash /

PORTAL MAJALENGKA - Ketergantungan sepeda motor injeksi pada baterai atau aki sangat urgen, seibarat jantung. Karena semua aktivitas mesin bergantung pada daya listrik.

Hampir semua sepeda motor injeksi atau model terbaru sudah mengadopsi aki jenis maintenance free (MF) atau dikenal aki kering. Aki jenis ini tidak lagi butuh perawatan seperti mengisi air aki sebagaimana aki basah.

Aki MF pada sepeda motor injeksi juga memiliki batas usia pakai. Ada batas waktu tertentu di mana kualitasnya akan menurun. Umumnya jika digunakan secara baik dan benar aki MF bisa tahan sampai 2 tahun lebih.

Baca Juga: JANGAN KAGET Motor Matic Keluaran Terbaru Tidak Lagi Dilengkapi Kick Starter, Begini Alasannya

Untuk mengantisipasi aki MF mati di tengah jalan. Maka penting bagi pemilik atau pengguna motor untuk sedikit paham gejala aki MF ini ketika sudah mulai soak.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut inilah 4 gejala tanda aki MF pada sepeda motor injeksi mulai soak, yang perlu diperhatikan:

1. Lampu sensor indikator aki tidak mau mati ketika kontak diputar ke posisi On

Pemilik atau pengguna motor injeksi sebaiknya sering-sering untuk memperhatikan sensor indikator ini. Keberadaan indikator ini cukup membantu, untuk mendeteksi kondisi aki.

Baca Juga: Ini Hukum Menjual Daging Kurban dalam Islam saat Idul Adha yang Banyak Dipertanyakan Orang

Ketika kontak diputar ke posisi On, tapi lampu sensor indikator aki tidak mau mati, terus menyala atau berkedip-kedip, merupakan gejala bahwa aki MF pada motor injeksi sudah soak.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah