Inpari 13: Varietas Padi dengan Produktivitas Tinggi Tahan Hama dan Penyakit, Cocok untuk Sawah Tadah Hujan

- 16 Juni 2024, 12:21 WIB
Inpari 13: Varietas Padi dengan Produktivitas Tinggi Tahan Hama dan Penyakit, Cocok untuk Sawah Tadah Hujan
Inpari 13: Varietas Padi dengan Produktivitas Tinggi Tahan Hama dan Penyakit, Cocok untuk Sawah Tadah Hujan /Foto ilustrasi/Pexels

PORTAL MAJALENGKA - Untuk mendukung produktivitas sektor pertanian, maka penting dilakukan pemuliaan tanaman padi untuk mendapatkan varietas padi unggul. Beberapa di antaranya yang berhasil dikembangkan salah satunya adalah varietas Inpari 13.

Varietas ini hasil pengembangan para pemulia seperti Cucu Gunarsih, Bambang, S. Anwar, A. Daradjat, Tirtas Sitarasmi, dan M. Yamin Samadullah. Varietas padi Inpari 13 ini merupakan hasil seleksi dari asal OM0606/IR18348-36-3-3, dengan nomor seleksi OM1490.

Varietas Inpari 13 resmi diakui melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian nomor 2143/Kpts/SR.120/6/2010 yang dikeluarkan pada tanggal 3 Juni 2010.

Baca Juga: Varietas Padi Genjah Solusi Hadapi Iklim Tak Menentu untuk Tingkatkan Produksi Pertanian

Varietas Inpari 13 ini menjanjikan hasil yang melimpah dan memiliki adaptasi yang baik terhadap berbagai kondisi lingkungan. Sangat cocok ditanam di sawah tadah hujan, dataran rendah hingga ketinggian 600 meter di atas permukaan laut.

Inpari 13 termasuk varietas padi genjah yang memiliki umur tanam yang relatif singkat, yakni ±99 hari, dengan bentuk tanaman tegak dengan tinggi mencapai ±102 cm.

Inpari 13 memiliki bentuk daun bendera yang tegak memberikan ciri khas tersendiri. Sementara jumlah gabah per malai yang mencapai ±124 butir menandakan potensi hasil yang tinggi.

Baca Juga: Cara Memasak Daging Kambing agar Tidak Bau Prengus dan Tidak Alot saat Dimakan

Adapun biji gabah varietas ini berbentuk panjang ramping dengan warna kuning bersih dengan tingkat kerontokan yang sedang dan kekuatan yang memadai menunjukkan ketangguhan varietas ini.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah