Traktor Robotik Kreasi Pegiat Bekasi Jadi Solusi Petani dan Motivasi Generasi saat Ini agar Mau Bertani

- 10 Juni 2024, 06:05 WIB
Traktor Robotik Kreasi Pegiat Bekasi Jadi Solusi Petani dan Motivasi Generasi saat Ini agar Mau Bertani
Traktor Robotik Kreasi Pegiat Bekasi Jadi Solusi Petani dan Motivasi Generasi saat Ini agar Mau Bertani /Foto Ilustrasi. /ANTARA/HO

PORTAL MAJALENGKA - Kreasi baru di sektor pertanian tercipta. Sebuah inovasi berbasis teknologi digital yang dinilai mampu meningkatkan efektivitas petani di daerah yakni traktor robotik.

Inovasi traktor robotik ini berhasil diciptakan oleh pegiat sektor pertanian asal Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Dede Nurdiansyah (35). Traktor itu bisa dioperasikan melalui HP (telepon genggam) berbasis Android.

"Traktor robotik ini dioperasikan melalui HP (telepon genggam) berbasis android jadi cukup memakai HP traktor ini bisa berjalan secara otomatis," katanya di Cikarang, Sabtu, 8 Juni 2024.

Baca Juga: Lawan Filipina, Ini Peluang Timnas Indonesia Lolos Fase Ketiga Piala Dunia 2024 Zona Asia

Dari pengakuan Dede, traktor robotik ciptaannya mulai dikembangkan sejak awal 2023. Menurutnya gagasan itu muncul lantaran minimnya minat generasi muda terhadap sektor pertanian. Sehingga mayoritas pemuda di daerah itu lebih memilih pekerjaan di sektor lain.

Dari hasil cermatan Dede, ia melihat generasi muda di Kabupaten Bekasi cenderung meninggalkan sektor pertanian karena menganggap terlalu banyak kendala yang dihadapi petani konvensional.

Dengan hadirnya traktor robotik ciptaannya, Dede berharap bisa jadi solusi sekaligus sebuah pengharapan baru untuk membantu petani khususnya kalangan milenial untuk mau kembali ke sawah dan mengelola lahan dengan lebih cepat, mudah, efektif, serta berkualitas dibantu sistem teknologi digital.

Baca Juga: Hasil Survei SMRC, Antara Ridwan Kamil dengan Dedi Mulyadi Siapa Lebih Favorit di Mata Pilihan Warga Jabar

"Kendala-kendala tersebut perlu dicarikan solusi, salah satunya mungkin dengan hadirnya traktor robotik ini," katanya.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah