Ini Hukum Menjual Daging Kurban dalam Islam saat Idul Adha yang Banyak Dipertanyakan Orang

- 10 Juni 2024, 18:16 WIB
Ini Hukum Menjual Daging Kurban dalam Islam saat Idul Adha yang Banyak Dipertanyakan Orang
Ini Hukum Menjual Daging Kurban dalam Islam saat Idul Adha yang Banyak Dipertanyakan Orang /Antara/Wahdi Septiawan/

PORTAL MAJALENGKA - Hari Idul Adha diwarnai momen kegiatan penyembelihan hewan kurban yang biasanya juga dibagikan kepada warga yang berhak. Dalam momen penyembelihan hewan kurban biasanya ada kepanitiaannya tersendiri.

Panitia ini akan melakukan tugasnya dari mulai menyembelih, memotong, dan membagikan daging kepada orang yang tepat. Dengan begitu daging kurban akan tersalurkan pada orang yang benar-benar membutuhkan untuk dinikmati bukan dijual.

Lantas bagaimana hukumnya jika daging kurban yang diterima dari panitia ada yang kemudian menjualnya. Atau orang yang berkurban itu menjual bagian daging kurban miliknya.

Baca Juga: 2 Masalah Penting Terkait Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban yang Perlu Dipahami Seorang Muslim

Dikutip berbagai sumber, berikut ini hukum menjual daging kurban dalam Islam. Terkait hal itu terdapat beberapa perdebatan di antara para ulama.

Hukum Menjual Daging Kurban

Sebelum membahas lebih jauh, kurban sendiri merupakan salah satu kegiatan ibadah sunah yang paling dianjurkan. Karena di samping sebagai bentuk keikhlasan seorang muslim atas apa yang menjadi perintah Allah SWT, ibadah yang satu ini juga memiliki nilai pahala sebagai ibadah sosial.

Lagi pula ibadah kurban juga pada dasarnya hanya dianjurkan kepada mereka yang mampu melakukannya untuk dibagikan kepada fakir miskin. Jadi rasanya tidak logis ketika kemudian orang berkurban menjual bagian daging yang mereka dapatkan, tidakkah dia sudah mampu.

Baca Juga: Calvin Verdonk Siap Perkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Melawan Filipina

Memperkuat pendapat tersebut telah disebutkan dalam surah Al-Hajj ayat 28, Allah SWT berfirman:

 فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah