Penyebab Kick Starter Motor Matic Keras, Jangan Dipaksakan, Berikut Solusinya

- 7 Mei 2024, 19:06 WIB
Penyebab Kick Starter Motor Matic Keras, Jangan Dipaksakan, Berikut Solusinya
Penyebab Kick Starter Motor Matic Keras, Jangan Dipaksakan, Berikut Solusinya /Husain/Portal Majalengka

PORTAL MAJALENGKA - Karena lama tidak digunakan kick starter pada motor matic bisa jadi keras atau sulit disela. Jika hal itu terjadi, maka sebaiknya jangan dipaksakan karena dikhawatirkan malah bisa merusak bagian lainnya.

Biasanya kondisi itu terjadi karena pengguna motor matic selalu menggunakan starter elektrik yang lebih praktis. Sehingga kick starter jarang atau bahkan tidak pernah dipakai.

Hal itu lumrah terjadi, selama kondisi starter elektrik motor normal, pengguna motor matic kebanyakan malas menyalakan kick starter pada kendaraannya karena merasa ribet dan lama.

Baca Juga: Ketum PSSI Erick Thohir Sebut Generasi Emas Sepakbola Indonesia Telah Lahir

Hanya pada momen tertentu kick starter baru dipakai pengguna terpaksa ketika starter elektrik mengalami masalah atau aki sudah tekor.

Kebanyakan kick starter jadi keras atau sulit disela dikarenakan oleh banyaknya kotoran yang menumpuk di area gigi starternya. Karena tidak sering dipakai dan jarang dibersihkan kotoran menumpuk bahkan mengeras.

Cara mengatasi hal tersebut ternyata tidak begitu sulit. Diambil dari beberapa sumber yang berhasil dirangkum Portal Majalengka, untuk menangani kick starter yang keras atau sulit disela. Cukup dengan membuka area CVT dan langsung bersihkan area kick starter tersebut.

Baca Juga: Maju di Pilkada Majalengka, Endah Hendrawati Ingin Bawa Suara Perempuan dan Anak Muda Melalui Politik

Pembersihan bisa dilakukan dengan menyemprot memakai bensin atau penetran hingga kotoran atau kerak rontok dan bersih. Selanjutnya tinggal dilumasi dengan grease atau gemuk supaya pergerakannya normal kembali lancar.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah