5 Cara Merawat Rem Cakram Sepeda Motor agar Tetap Bekerja Maksimal, Berkendara Jadi Aman dan Nyaman

- 21 April 2024, 09:05 WIB
5 Cara Merawat Rem Cakram Sepeda Motor agar Tetap Bekerja Maksimal, Berkendara Jadi Aman dan Nyaman
5 Cara Merawat Rem Cakram Sepeda Motor agar Tetap Bekerja Maksimal, Berkendara Jadi Aman dan Nyaman /Foto Ilustrasi/Dok. Yamaha Indonesia Motor Mfg.

PORTAL MAJALENGKA - Dilihat dari konstruksi dan kegunaannya, jenis rem sepeda motor ada dua tipe. Pertama, tipe rem hidrolik (rem cakram) dan kedua tipe rem mekanis (rem tromol). 

Baik rem cakram maupun rem tromol keduanya memiliki fungsi yang sama yakni untuk mengontrol laju sepeda motor. Peran rem sangat penting karena erat dengan keselamatan pengendara.

Sistem kinerja rem sepeda motor dapat bekerja optimal apabila kondisi rem selalu dijaga dan dirawat dengan baik oleh si pemilik kendaraaan tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Rawat Rem Motor untuk Mudik, Biar Perjalanan Aman Lancar Selamat Sampai Tujuan

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai bagaimana cara perawatan rem tromol. Kali ini kami coba bagikan cara tepat merawat rem cakram agar tetap bekerja maksimal. Dirangkum dari berbagai sumber berikut inilah cara perawatanya.

1. Jaga kebersihan cakram

Kondisi cakram yang kotor atau berminyak dapat memengaruhi kinerja pengereman sepeda motor. Karena itu pemilik harus rajin untuk membersihkan noda minyak atau kotoran yang menempel pada cakram

Pembersihan tidak boleh sembarang. Harus hati-hati. Gunakan cairan pembersih khusus rem serta kain bersih. Pastinya itu dilakukan agar kinerja cakram tetap maksimal.

Baca Juga: 7 Langkah Perawatan Baterai Motor Listrik Agar Terus Bekerja Optimal dan Miliki Usia Pakai Panjang

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x