INI 7 Ciri Tanda Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis, Penting Diketahui untuk Cegah Kerusakan Lebih Luas

- 11 April 2024, 18:09 WIB
INI 7 Ciri Tanda Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis, Penting Diketahui untuk Cegah Kerusakan Lebih Luas
INI 7 Ciri Tanda Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis, Penting Diketahui untuk Cegah Kerusakan Lebih Luas /Federal Oil

PORTAL MAJALENGKA - Pada beberapa kendaraan yang berkopling kering, oli gardan atau pelumas tambahan ini memiliki peran vital, melumasi khusus bagian transmisi matic. 

Dari perannya tersebut oli gardan ini selain dikenal sebagai pelumas tambahan, juga tidak sedikit orang menyebutnya dengan oli transmisi matic.  

Ketika oli gardan motor matic ini kosong atau habis, maka dipastikan kinerja bagian transmisi kendaraan seperti gear dan bearing tidak bisa bekerja optimal.

Baca Juga: INI DIA Penyebab Knalpot Motor 4-tak Keluar Asap Tebal

Tidak seperti motor manual yang cukup dengan oli mesin biasa, kendaraan motor matic ini juga butuh akan oli gardan yang terawat rutin. Sementara untuk interval penggantian oli gardan itu sendiri diakui memang lebih lama ketimbang oli mesin. 

Lamanya interval inilah yang kadang membuat pemilik motor matic lupa atau telat untuk menggantinya. Ketika oli gardan ini kering atau habis biasanya dapat diketahui dengan ciri-ciri berikut:

1. Muncul Suara Bising

Ciri pertama yang menandakan kalau oli gardan dalam kondisi kering atau habis adalah muncul suara bising di box CVT yang berada di bagian gardan atau roda belakang motor matic. 

Baca Juga: Warga Binaan Lapas Majalengka Terima Remisi

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x