6 Cara Rawat Rem Motor untuk Mudik, Biar Perjalanan Aman Lancar Selamat Sampai Tujuan

- 7 April 2024, 05:29 WIB
6 Cara Rawat Rem Motor untuk Mudik, Biar Perjalanan Aman Lancar Selamat Sampai Tujuan
6 Cara Rawat Rem Motor untuk Mudik, Biar Perjalanan Aman Lancar Selamat Sampai Tujuan /freepik.com

PORTAL MAJALENGKA - Salah satu komponen penting motor yang musti harus dirawat secara rutin adalah rem. Lebih lagi ketika mau diperuntukkan buat mudik.

Sebelum mudik sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi rem motor tersebut agar tetap berfungsi dengan baik. Hal ini untuk menjamin kenyamanan dan keamanan nanti selama perjalanan.

Pada sepeda motor terdapat 2 jenis rem yang digunakan yakni hidrolik (rem cakram), dan rem mekanis (rem tromol) keduanya butuh perawatan yang intens agar tetap optimal.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Sepeda Motor Matik Bekas, Cegah Sesal Pasca Pembelian

Untuk melakukan perawatan rem sebagaimana dimaksud berikut cara yang perlu dilakukan, dikutip Portal Majalengka dari laman Wahana Honda adalah sebagai berikut:

1. Periksa dan ganti minyak rem

Sebelum mudik dengan motor maka sangat disarankan untuk periksa dan ganti minyak rem. Ini menjadi salah satu cara merawat rem motor agar perjalanan mudik tetap aman dan lancar.

Jika kondisi minyak rem selama satu tahun lebih belum juga diganti maka sebaiknya calon pemudik segera lakukan pergantian lebih dahulu. Pada dasarnya pergantian minyak rem menurut standar umum bisa dilakukan setelah mencapai jarak 24.000 km.

Baca Juga: Benarkah Kata Ci di Wilayah Sunda Bermakna Air? Ajaran Sundayana Mengatakan Bukan!

Atau bisa juga berpatokan warna minyak rem tersebut, jika sudah mengalami perubahan atau menjadi semakin gelap, maka baiknya segera ganti.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x