Tanda-tanda Oli Sepeda Motor Harus Diganti, Simak Penjelasannya di Sini

- 22 Februari 2024, 21:16 WIB
Tanda-tanda Oli Sepeda Motor Harus Diganti, Simak Penjelasannya di Sini
Tanda-tanda Oli Sepeda Motor Harus Diganti, Simak Penjelasannya di Sini /mypertamina

PORTAL MAJALENGKA - Oli mesin merupakan salah satu komponen vital dalam sepeda motor, dengan fungsi utamanya sebagai pelumas, komponen ini bekerja untuk menstabilkan mesin agar mampu bekerja optimal.

Seiring waktu penggunaan, kualitas oli mesin pada sepeda motor juga akan menurun. Daya perlindungan yang dimilikinya terus menyusut bahkan bisa habis.

Karena itu, bagi pemilik sepeda motor penting untuk lakukan penggantian oli mesin secara tepat dan teratur. Tinadakan tersebut dilakukan agar kesehatan mesin serta usia sepeda motor tetap terjaga dan awet.

Baca Juga: Ribuan Warga Malausma Terima Bukti Kepemilikan Tanah Sah dari Pj Bupati Majalengka

Sebagai sumber utama pelumasan dalam mesin sepeda motor, kondisi oli harus sering dicek Untuk dilakukan pergantian. Pada dasarnya tanda - tanda oli mesin yang harus diganti bisa diperhatikan sebagai berikut.

1. Oli tipis dengan warna gelap

Paparan pembakaran yang berulang terjadi pada saat mesin sepeda motor digunakan menyebabkan kondisi oli berubah. Semula saat masih baru berwarna biru atau cokelat kental berganti jadi gelap encer tipis.

Nah, jika kondisi oli dalam mesin sepeda motor sudah menghitam encer tipis seperti itu, maka tandanya oli harus segera ganti. Ituk untuk mengantisipasi agar mesin tidak cepat aus ataupun rusak dengan cepat.

Baca Juga: Lakukan Perawatan Rutin pada 5 Komponen ini, Dijamin Usia Pakai Sepeda Motor Bakal Awet dan Tetap Prima

Halaman:

Editor: Muhammad Ayus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x