PENTING! Ketahui 7 Bagian Sepeda Motor Rawan Karat Berikut Antisipasinya Agar Kendaraan Terjaga Awet

- 21 April 2024, 07:05 WIB
PENTING! Ketahui 7 Bagian Sepeda Motor Rawan Karat Berikut Antisipasinya Agar Kendaraan Terjaga Awet
PENTING! Ketahui 7 Bagian Sepeda Motor Rawan Karat Berikut Antisipasinya Agar Kendaraan Terjaga Awet /Foto Ilustrasi./Yamaha

PORTAL MAJALENGKA - Ada beberapa bagian sepeda motor yang sangat rawan dengan risiko karat. Karat ini timbul akibat kelalaian pemilik yang kurang memperhatikan perawatan, terlebih saat musim hujan.

Air hujan yang mengandung asam akan dengan cepat menimbulkan karat pada bagian sepeda motor, apabila pemilik lalai menyiram atau mencuci kendaraannya dengan air bersih.

Jika dibiarkan karat akan berkembang dan menjalar dan bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada beberapa bagian komponen sepeda motor.

Baca Juga: INI DIA Penyebab yang Bikin Mesin Sepeda Motor Injeksi Brebet, Simak pula Cara Mengatasinya

Karena itu, pemilik perlu paham bagian komponen apa saja pada sepeda motornya yang rawan karat. Sehingga dengan mudah melakukan antisipasi. Salah satu antisipasi tersebut bisa menggunakan cairan pelindung anti karat pada bagian komponen yang dimaksud.

Adapun beberapa bagian komponen sepeda motor yang berpotensi rawan karat karena kotor atau sering kena air hujan, antara lain:

1. Rangka sepeda motor

Bagian komponen ini umumnya terbuat dari logam, terutama baja, bisa rentan terhadap karat jika terkena air atau kondisi cuaca lingkungan yang lembap.

Baca Juga: KETAHUI Ini Penyebab yang Bikin Busi Motor Mudah Rusak atau Cepat Mati, Berikut Cara Mengatasinya

Karena itu bagian komponen sepeda motor yang satu ini perlu mendapat perawatan dengan memberi pelumasan secara rutin agar dapat mencegah munculnya karat.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x