OPTIMIS, Pertumbuhan Ekonomi Lebih Baik di Kuartal IV

- 6 November 2020, 21:54 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa optimis pertumbuhan ekonomi di kuartal IV membaik
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa optimis pertumbuhan ekonomi di kuartal IV membaik /Antara/Biro Pers Istana

PORTAL MAJALENGKA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III terkontraksi minus 3,49 persen.

Kontraksi tersebut mengecil dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal II yakni minus 5,32 persen. BPS juga mencatat secara kuartalam pertumbuhan ekonomi Indonesia naik 5,05 persen.

Menanggapi kondisi tersebut, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa berharap tren positif pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat berlanjut hingga kuartal IV 2020.

Baca Juga: Dipakai Bayar Utang Pemerintah, Cadangan Devisa Turun

“Adanya tren yang membaik dan konsumsi pemerintah akan tumbuh setidak-tidaknya sama besarnya dengan kuartal III, maka kita bisa menutup akhir tahun ini mendekati nol (persen) atau bahkan beberapa dot di atas nol,” kata Suharso Monoarfa.

Pertumbuhan kuartal II ke kuartal III di atas 5 persen. Kemudian PMI (Purchasing Managers Index) juga mendekati 52 dan enjadi tanda-tanda baik.

Baca Juga: Ekonomi RI Sudah Lewati Titik Terendah dan Kini Menanjak Pulih

Selanjutnya untuk menyambut 2021 Suharso berharap seluruh program pemerintah yang dipersiapkan dapat langsung dimulai.

“Kita menghendaki semua yang bisa kita luncurkan pada 2021 dapat kita selesaikan seluruhnya, proses administrasi di November dan Desember ini, sehingga belanja pemerintah sekali lagi akan menjadi prime mover. Lokomotif untuk mengangkat konsumsi masyarakat,” ungkap Suharso Monoarfa.

Halaman:

Editor: Hanif Maulana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x