Dari Pisang Busuk Jadi Pupuk Hebat! Begini Cara Buatnya Biar Tak Asal Bikin

- 30 Juni 2024, 21:23 WIB
Dari Pisang Busuk Jadi Pupuk Hebat! Begini Cara Buatnya Biar Tak Asal Bikin
Dari Pisang Busuk Jadi Pupuk Hebat! Begini Cara Buatnya Biar Tak Asal Bikin /Pixabay/Couleur

PORTAL MAJALENGKA - Seiring perkembangan zaman, kini para petani Indonesia dapat mempercepat pertumbuhan tanaman budidayanya.

Hal tersebut bersamaan dengan berkembangnya teknologi modern. Sehingga para petani pun ikut merasakan manfaatnya.

Untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dari mulai tanam hingga panen, para petani modern telah terbiasa menggunakan pupuk kimia yang dapat dengan cepat kandungannya terserap tanaman.

Baca Juga: Mentan Ajak Semua Pihak Termasuk Wartawan Awasi Distribusi Pupuk Subsidi untuk Perkuat Pangan Nasional

Dilansir dari channel Youtube Infarm Id, meskipun pupuk kimia menjadi primadona, namun keberadaan pupuk organik pun masih kerap digunakan oleh sebagian orang.

Perbedaan pupuk organik dan pupuk kimia terletak pada kecepatan pertumbuhan tanaman pasca pemupukan dilakukan. Kendati demikian, pupuk kimia juga dapat merusak kandungan hara di dalam tanah apabila petani tak bijak dalam penggunaan.

Terlepas dari pupuk kimia atau organik, tanaman memerlukan makanan berupa unsur-unsur seperti nitrogen, fosfor, kalium, dan sebagainya. Unsur-unsur tersebut sebetulnya telah disediakan oleh lingkungan seperti udara, hujan atau pengkomposan alami dari benda-benda sekitar.

Baca Juga: Waspada, Paparan Cahaya Terang Gawai di Malam Hari Bisa Sebabkan Diabetes Tipe 2

Satu contoh adalah buah pisang yang umum ditemui dan menjadi salah satu jenis buah-buahan favorit masyarakat Indonesia. Buah pisang yang terlalu matang atau busuk biasanya dibuang begitu saja karena sudah tak sedap dimakan.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah