Bikin Pupuk Kompos dari Sampah Dapur Tanpa Bau! Sudah Dilakukan Para Petani Jepang Lho!

- 30 Juni 2024, 22:13 WIB
Bikin Pupuk Kompos dari Sampah Dapur Tanpa Bau! Sudah Dilakukan Para Petani Jepang Lho!
Bikin Pupuk Kompos dari Sampah Dapur Tanpa Bau! Sudah Dilakukan Para Petani Jepang Lho! /Ilustrasi/Pixabay

PORTAL MAJALENGKA - Para petani berlomba-lomba membuat inovasi pertanian guna menekan pengeluaran finansial dalam merawat tanamannya.

Keluh kesah petani saat ini tak jauh dari persoalan mahalnya pupuk, obat-obatan untuk tanaman, dan barang-barang yang mendukung percepatan tumbuh-kembang tanaman.

Para petani saat ini kembali mempelajari metode-metode lama yang telah dilakukan nenek-moyang dalam mengolah tanah dan merawat tanaman dengan memadukan pengetahuan modern.

Baca Juga: Dari Pisang Busuk Jadi Pupuk Hebat! Begini Cara Buatnya Biar Tak Asal Bikin

Dilansir dari channel Youtube Infarm Id, untuk mengatasi mahalnya pupuk tanaman, membuat pupuk kompos sendiri merupakan sebuah ide cemerlang.

Selain menekan biaya permodalan, pengkomposan sampah menjadi pupuk merupakan perbuatan yang mendukung terhadap sikap menjaga dan merawat lingkungan.

Jika penggunaan pupuk kimia dilakukan secara berlebihan, maka kondisi tanah yang sehat akan menjadi asam dan menimbulkan efek tidak baik untuk tanaman.

Baca Juga: Waspada, Paparan Cahaya Terang Gawai di Malam Hari Bisa Sebabkan Diabetes Tipe 2

Bukankah pengomposan sampah akan membuat lingkungan menjadi bau tak sedap? Eits...jangan salah, rupanya ada metode pengomposan dari petani Jepang yang tidak akan mengeluarkan bau!

Halaman:

Editor: Husain Ali

Sumber: Channel Youtube Infarm id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah