Bursa Efek Indonesia 2023 Resmi Dibuka, Presiden Jokowi Bersyukur Indeks Tahun 2022 Naik Dibanding Negara Lain

- 2 Januari 2023, 15:30 WIB
Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia oleh Presiden RI Joko Widodo.
Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia oleh Presiden RI Joko Widodo. /Dok. Kemenko Perekonomian/

 

PORTAL MAJALENGKA - Tepat pukul 09.00 WIB, Senin 2 Januari 2023, Presiden Jokowi resmi membuka perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2023.

Pada kesempatan pembukaan Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut Presiden, Jokowi mengucapkan rasa syukur atas pencapaian indeks tahun lalu yang meningkat dibanding negara lain.

“Kita juga patut bersyukur bahwa indeks di tahun 2022 mengalami kenaikan 4,1 persen dibandingkan bursa-bursa di negara lain yang mengalami penurunan yang sangat tajam,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya setelah membuka perdagangan bursa di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Senin 2 Januari 2023.

Baca Juga: WOW! Ulang Tahun Kiano Dapat Hadiah Saham Pusat Oleh-oleh Bali dari Baim Wong

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Pemerintah Indonesia juga telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir 2022, karena indikator pandemi Covid-19 yang terus menunjukkan pemulihan.

Berdasarkan kajian pemerintah selama 10 bulan terakhir, kata presiden, indikator penanganan Covid-19 Indonesia selalu lebih baik daripada standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Telah kita cabut PPKM, bukan untuk gagah-gagahan, tapi memang kajian selama 10 bulan terakhir, angka-angka menunjukkan bahwa kita bisa mengendalikan Covid-19. Positivity rate kita semuanya di bawah, angka kematian semuanya di bawah standar WHO,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi mengapresiasi pertumbuhan perdagangan saham pada 2022. Kapitalisasi pasar, lanjutnya, telah tumbuh 15 persen hingga mencapai Rp9.499 triliun.

Pencapaian tersebut, katanya, merupakan pencapaian yang besar karena diperoleh di tengah-tengah turbulensi ekonomi global pada 2022.

Halaman:

Editor: Ayi Abdullah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x