Penguatan Peran Bansos dalam Mendorong Produktivitas

- 26 Desember 2021, 11:00 WIB
Warga penerima beras bansos di Cikulur, Lebak, Banten, pada Rabu, 4 Agustus 2021. Penguatan Peran Bansos dalam Mendorong Produktivitas
Warga penerima beras bansos di Cikulur, Lebak, Banten, pada Rabu, 4 Agustus 2021. Penguatan Peran Bansos dalam Mendorong Produktivitas /Muhammad Bagus Khoirunas/Antara

PORTAL MAJALENGKA – Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Harry Hikmat mengatakan inti dari bantuan sosial (Bansos) bukan lagi sekadar bantuan, melainkan juga sebagai perlindungan sosial (social protection).

Dalam hal ini, peran bantuan sosial tidak semata-mata untuk mengurangi beban pengeluaran, melainkan juga peningkatan pendapatan yang diharapkan dapat mendorong produktivitas dan pemberdayaan masyarakat rentan, khususnya yang terdampak pandemi.

“Rp78,2 triliun (Pagu Anggaran Tahun Anggaran 2022) yang akan disalurkan untuk program yang menggunakan mata anggaran Bantuan Sosial, di dalamnya ada program perlindungan sosial,” ujarnya.

Baca Juga: MENEGANGKAN Timnas Indonesia Lolos Final Kalahkan Singapura dengan Agregat 5-3

Perlindungan sosial itu, sebut Harry, mencakup cara mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan sehingga mendorong keluarga miskin lebih produktif.

“Perlu strategi ke depan menggunakan mata anggaran bansos untuk pihak yang memang berhak menerima bantuan. Kemensos tahun depan tetap akan memberikan perlindungan sosial dengan akses permodalan, keterampilan dan pemasaran untuk meningkatkan pendapatan,” tuturnya.

Harry menambahkan, perlindungan sosial juga melibatkan perbaikan infrastruktur di daerah tertinggal untuk memberikan layanan dasar.

Baca Juga: Nadeo Berhasil Tepis Hukuman Penalti Oleh Singapura, Netizen : Terimakasih Nadeo

Pelayanan juga harus terintegrasi, dan bantuan sosial juga dioptimalkan penggunaannya dalam hal kegiatan-kegiatan yang lebih produktif, misalnya di bidang program kewirausahaan.

Halaman:

Editor: Andra Adyatama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x