5 Strategi Pemerintah dan Bank Indonesia dalam Pengendalian Inflasi 2021

- 12 Februari 2021, 18:00 WIB
Logo Bank Indonesia (BI).
Logo Bank Indonesia (BI). /Dok. Kemenkeu RI

PORTAL MAJALENGKA - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) menyepakati lima strategi yang akan dilakukan dalam upaya pengendalian inflasi 2021.

Upaya pengendalian inflasi 2021 sangat berpengaruh terhadap perekonomian nasional. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, inflasi yang rendah dan stabil diharapkan bisa mendukung pe mulihan ekonomi nasional (PEN).

Karena itu, kesepakatan dalam strategi upaya pengendalian inflasi 2021 sangat penting dilakukan.

Baca Juga: Tanggul Waduk Cipancuh Indramayu Amblas, Menteri PUPR Panggil Ahli Geoteknik Bendungan

"Inflasi yang rendah mampu tumbuhkan ekonomi yang kuat dan berkesinambungan menuju Indonesia Maju," kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 12 Februari 2021.

Lima strategi itu ditujukan untuk menjaga inflasi dalam kisaran sasaran tiga plus minus satu persen pada 2021.

Pertama menjaga inflasi kelompok bahan pangan bergejolak (volatile food) dalam kisaran 3-5 persen. Upaya ini dilakukan dengan memperkuat empat pilar strategi yang mencakup keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif (4K) di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Arus Mudik Libur Imlek, Kendaraan yang Keluar Tol Cikampek Hanya Naik 10 Persen

Selain itu dengan menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi, terutama dalam mengantisipasi kenaikan permintaan menjelang Ramadan dan Idul Fitri pada April dan Mei 2021 serta Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) lainnya.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x