Alih-alih Merasa Puas, Luhut Malah Minta Naikkan Target Realisasi UMKM Digital

- 22 Desember 2020, 16:29 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.* /Instagram @luhut.pandjaitan
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.* /Instagram @luhut.pandjaitan /

PORTAL MAJALENGKA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi realisasi capaian target onboarding (penyesuaian) sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ke sistem digital.

Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, hingga akhir November lalu, jumlah realisasi penyesuaian telah mencapai 3,4 juta UMKM digital.

"Hingga akhir November ini saya dilaporkan sebanyak 3,4 juta unit UMKM sudah masuk ke dalam sistem digital. Ini lebih besar dari harapan kami yang jumlahnya tembus 70 persen lebih tinggi daripada target yang telah kami tetapkan," kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam unggahan terbaru di akun Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, Senin 21 Desember, dikutip dari Antara.

Baca Juga: BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 Tahap 1 akan Dicairkan? Ini Tanggapan Kemenaker

Merasa belum cukup puas, Luhut pun meminta ada 18,6 juta UMKM yang masuk ke ekosistem digital pada akhir 2022 mendatang.

"Alih-alih membuat saya puas, saya malah meminta mereka untuk menargetkan pada akhir tahun 2022 nanti target tersebut harus meningkat ke angka 18,6 juta unit yang sudah onboarding," katanya.

Guna mewujudkan hal tersebut, maka pada tahun depan pemerintah akan memprioritaskan peningkatan permintaan terhadap produk UMKM/IKM hingga peningkatan peran aktif pemerintah daerah.

Baca Juga: NIK E-KTP Tidak Terdaftar di eform.bri.co.id/bpum Jangan Khawatir, Ini Solusi BLT Banpres UMKM Cair

"Selain itu saya juga meminta peningkatan kualitas produk. Sehingga memperkuat posisi UMKM sebagai high value product, bukan hanya produk yang biasa saja. Untuk itu kita juga harus berani berpikir out of the box," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Rasyid

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x