Bantu Akses Keuangan UMKM, Indonesia Pinjam 500 Juta Dolar AS ke ADB

- 9 Desember 2020, 20:45 WIB
Indonesia Dapat Pinjaman 500 Juta Dolar AS dari Asian Development Bank
Indonesia Dapat Pinjaman 500 Juta Dolar AS dari Asian Development Bank /Pexels

PORTAL MAJALENGKA - Pemerintah Indonesia berupaya memperluas akses keuangan bagi UMKM serta kelompok marjinal.

Salah satunya melalui pinjaman berbasis kebijakan senilai 500 juta dolar AS yang sudah disetujui oleh Asian Development Bank (ADB).

Spesialis Sektor Keuangan ADB untuk Asia Tenggara, Poornima Jayawardana mengatakan pinjaman yang diberikan sekaligus untuk meningkatkan inklusi keuangan Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Defisit Fiskal Melebar, G20 Ingatkan Utang Publik dan Swasta

“Inklusi keuangan berperan penting dalam pemulihan Indonesia dari pandemi. Akses yang lebih setara dan efisien ke produk sedta layanan keuangan dapat memitigasi dampak ekonomi dan sosial dari pandemi,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu 9 Desember 2020.

Program promosi inklusi keuangan yang inovatif akan membantu pemerintah memantau inklusi keuangan lebih baik, meningkatkan infrastruktur pembayaran, serta memperkuat kerangka regulasi bagi layanan keuangan digital, privasi data, perlindungan konsumen, dan literasi keuangan.

Program ini juga akan membantu membangun sektor layanan keuangan yang lebih inklusif sehingga mampu mengurangi kemiskinan dan ketimpangan, serta menunjang pembangunan berkelanjutan jangka panjang Indonesia.

Baca Juga: Alami Penurunan, Utang Luar Negeri 408,5 Miliar Dolar

Poorima menuturkan dukungan reformasi dari program ini menghasilkan kebijakan dan teknologi yang mendorong inovasi serta menambah inklusi keuangan dengan membuka akses ke produk dan layanan keuangan formal.

Halaman:

Editor: Hanif Maulana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah