Pemimpin Muda Indonesia Berpartisipasi dalam Program Pertukaran di AS Terkait Demokrasi

- 23 April 2024, 11:30 WIB
Pemimpin Muda Indonesia Berpartisipasi dalam Program Pertukaran di AS terkait Demokrasi dan Keterlibatan Masyarakat
Pemimpin Muda Indonesia Berpartisipasi dalam Program Pertukaran di AS terkait Demokrasi dan Keterlibatan Masyarakat /Pikiran Rakyat/Portal Majalengka/

PORTAL MAJALENGKA - Lima orang pelajar sekolah menengah atas dari Singkawang (Kalimantan Barat), Banda Aceh (Aceh), Padang Panjang (Sumatera Barat), dan seorang dosen dari Purwokerto (Jawa Tengah) tiba di Amerika Serikat pada Sabtu, 20 April 2024.

Kedatangan mereka untuk mengikuti program beasiswa pertukaran Southeast Asia Youth Leadership Program (SEAYLP) 2024 yang disponsori oleh Departemen Luar Negeri AS.

Para pelajar dan guru ini  akan mengunjungi Dekalb dan Chicago, Illinois; Philadelphia, Pennsylvania; dan Washington, DC mulai 20 April hingga 12 Mei 2024.

Baca Juga: 4 Tips Jaga Van Belt Sepeda Motor Matic Agar Awet dan Tetap Bekerja Optimal

Program loka karya dan aktivitas SEAYLP yang interaktif --dengan sekolah menengah atas, organisasi komunitas, kelompok pemuda, dan tokoh masyarakat di AS-- akan membantu para peserta untuk lebih memahami partisipasi masyarakat sipil serta hak dan tanggung jawab warga negara dalam sebuah demokrasi.

“SEALYP mempromosikan kepemimpinan berkualitas, tanggung jawab, dan aktivisme warga sipil untuk para pemimpin masa depan dari Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara,” kata Juru Bicara Kedutaan Besar AS Michael Quinlan.

Program ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi para peserta untuk mengkaji prinsip-prinsip demokrasi dan masyarakat sipil dalam tindakan serta untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah DAFTAR PPK atau PPS ke KPU untuk Pilkada via Online, Dijamin Sukses

SEAYLP mempertemukan siswa sekolah menengah atas dan mentor dewasa dari 10 negara anggota ASEAN untuk mengikuti program pertukaran selama tiga minggu di Amerika Serikat yang berfokus pada kepemimpinan dan pengembangan diri kaum muda.

Halaman:

Editor: Andra Adyatama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah