Inilah Resep Sayur Asem untuk Anak Kos, Praktis Masak Pakai Rice Cooker

- 3 November 2021, 15:45 WIB
Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Mudah dan Praktis
Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Mudah dan Praktis /Karawangpost/Tangkap Layar YouTube Resep Harian Winda

PORTAL MAJALENGKA -- Berbagai alasan menyebabkan masyarakat merantau ke daerah lain. Alasan terbanyak adalah karena menempuh pendidikan di kota lain atau bekerja.Biasanya mereka tinggal di perantauan sebagai anak kos.

Anak kos terutama pelajar, memiliki problematika khas. Yakni keuangan yang terbatas. Karena itu anak kos kerap membutuhkan resep kuliner sederhana yang murah dan praktis untuk bertahan hidup.

Berikut ini resep sayur asem untuk anak kos yang mudah dan murah biaya, bahkan bisa dimasak menggunakan alat memasak nasi elektronik alias rice cooker. Sebagian masyarakat menyebutnya magic com atau magic jar.

Baca Juga: Ini Resep Masakan Tradisional Pindang Gombyang, Kuliner Laut Khas Indramayu yang Populer

Perlu diketahui, terdapat tiga jenis sayur asem. Di Jakarta sayur asem ditambahkan oncom dan disajikan bening. Kuah bening juga jadi ciri khas sayur asem asal Sunda. Sedangkan di Jawa sayur asem lebih pedas dengan kuah yang lebih keruh.

Di Cirebon dan Indramayu sayur asem terasa lebih manis ketimbang hidangan yang sama di daerah Kuningan dan Majalengka. Sebab di Cirebon dan Indramayu sayur asem biasa ditambah gula sebagai bumbu.

Sayur asem termasuk hidangan yang mudah dibuat dan tidak menuntut biaya mahal. Jika bahan sayur dibeli di pasar, dengan uang sekitar Rp2 ribu rupiah Anda sudah mendapatkan paket sayuran terdiri dari beberapa lonjor kacang panjang, sebuah ketimun, sepotong atau sebuah terong, sepotong labu siam, sepotong pepaya muda, daun dan buah melinjo.

Baca Juga: Harganya Turun, Saatnya Bunda Masak Sayur Cabai Campur Tempe dan Petai juga Tahu Gembos

Selanjutnya Anda tinggal membeli bumbu-bumbunya dengan harga di kisaran Rp2 ribu juga. Kalau lebih ingin praktis, saat ini bumbu sayur asem tersedia dalam kemasan sachet di toko, Anda tinggal membelinya.

Halaman:

Editor: Muhammad Ayus

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x