Realisasi Investasi Semester 1 2021 Mencapai Rp 442,8 T, Tetap Tumbuh Semasa Pandemi

- 27 Agustus 2021, 07:30 WIB
Ilustrasi investasi
Ilustrasi investasi /Pixabay /Steve Buissinne

 

PORTAL MAJALENGKA - Menopang pemulihan ekonomi di tanah air, investasi tetap mengalir ke Indonesia sepanjang paruh pertama tahun ini.

Realisasi investasi ini menunjukkan kepercayaan dunia usaha terhadap iklim investasi serta potensi investasi di Indonesia masih tumbuh di tengah pandemi yang belum berakhir.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi langsung (direct investment) selama Januari-Juni 2021 mencapai Rp 442,8 triliun atau telah mencapai 49,2% dari target investasi 2021 sebesar Rp 900 triliun.

Baca Juga: Ini Pentingnya Periksa Fakta untuk Menghindari Infodemik di Masa Pandemi

Nilai investasi itu naik 10% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Jika dirinci berdasarkan asalnya, investasi langsung tersebut berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA).

Total pertumbuhan investasi langsung ini juga turut meningkatkan penyerapan tenaga kerja sebanyak lebih dari 620 ribu orang.

Dalam Dialog Kabar Kamis di Media Center KPCPEN pada 26 Agustus 2021, Staf Ahli Menteri
Investasi Indra Darmawan menyatakan, tingkat optimisme investasi selama pandemi cenderung meningkat dan hal tersebut mendorong pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Begini Kartu Nikah Kemenag yang Asli dan Cara Mendapatkannya

Halaman:

Editor: Andra Adyatama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x