BLT Bansos BBM Bakal Cair Awal September, Simak Mekanisme Berikut

- 30 Agustus 2022, 15:46 WIB
Menkeu Sri Mulyani didampingi Gubernur BI Perry Warjiyo dan Mensos Tri Rismaharini memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 29 Agustus 2022. Disampaikan bahwa pemerintah siapkan tiga bantalan sosial, di antaranya BLT dan BSU  yang segera dicairkan.
Menkeu Sri Mulyani didampingi Gubernur BI Perry Warjiyo dan Mensos Tri Rismaharini memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 29 Agustus 2022. Disampaikan bahwa pemerintah siapkan tiga bantalan sosial, di antaranya BLT dan BSU yang segera dicairkan. /setkab.go.id

 

PORTAL MAJALENGKA - Pemerintah berencana menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bansos Bahan Bakar Minyak (BBM) pada awal September 2022 mendatang.

Adapun nominal BLT Bansos subsidi BBM tersebut sebesar Rp600 ribu yang akan diberikan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

BLT Bansos Rp600 ribu ini merupakan bantuan sosial untuk mengalihkan subsidi bahan bakar minyak atau BBM agar tepat sasaran.

Baca Juga: Simak, Cara Daftar MyPertamina Untuk Beli BBM Jenis Pertalite dan Solar

Diketahui, anggaran BLT Bansos BBM ini diberikan oleh Kemensos dengan total anggaran Rp12,4 triliun.

Anggaran sebesar itu diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai bantuan sosial tambahan atas pengalihan subsidi BBM.

Nantinya, BLT Bansos subsidi BBM ini akan disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) melalui PT Pos Indonesia.

Teknisnya, BLT Bansos BBM dengan nominal Rp600 ribu ini tidak dicairkan sekaligus. Melainkan akan dibayarkan sebesar Rp150 ribu selama 4 kali dengan dicairkan 2 kali sekaligus yakni Rp300 ribu pertama dan Rp300 ribu kedua.

“Jadi 20,65 juta kelompok atau keluarga penerima manfaat yang akan mendapatkan anggaran sebesar Rp12,4 triliun yang akan mulai dibayarkan oleh Mensos Rp150 ribu selama empat kali. Jadi dalam hal ini Ibu Mensos akan membayarkannya dua kali, yaitu Rp300 ribu pertama dan Rp300 ribu kedua,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dikutip Portal Majalengka laman resmi Sekretariat Kabinet, Selasa 30 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Ayi Abdullah

Sumber: Kemensos ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x