Optimis Positif, Berapa Persen Target Pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2021?

- 3 Januari 2021, 16:30 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2021 menyentuh angka 5,5 persen.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2021 menyentuh angka 5,5 persen. /ANTARA/HO-Kemenperin/pri

PORTAL MAJALENGKA - Pemerintah mengimplementasikan strategi dan kebijakan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan pertumbuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2021 akan menyentuh 5,5 persen.

“Dengan berbagai kombinasi kebijakan dan peluang yang kita manfaatkan secara optimal, pertumbuhan ekonomi Indonesia diharapkan dapat sekitar 4,5 hingga 5,5 persen pada 2021,” kata Menperin di Jakarta, Minggu 3 Januari 2021.

Baca Juga: Dampak UU Cipta kerja, Pengamat: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melebihi Ekspektasi

Menperin menegaskan tekad pemerintah mengejar laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5 persen pada 2021, sejalan dengan proyeksi pertumbuhan yang dilakukan lembaga-lembaga internasional.

Seperti OECD yang memproyeksi pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2021 tumbuh sebesar 4,0 persen.

Sementara Asian Development Bank (ADB) memperkirakan pertumbuhan ekonomi di angka 5,3 persen, dan IMF membidik 5,2 persen.

Baca Juga: Bank Dunia Koreksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Minus Semakin Rendah

Selain itu World Bank memprediksi ekonomi global pada tahun depan bakal berada di kisaran 4,4 persen, dan Bloomberg Median memasang target sekitar 5,6 persen.

Halaman:

Editor: Ayi Abdullah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x