Ini 4 Faktor Berpengaruh Kenapa UMR Tiap Daerah Berbeda, Simak Penjelasannya

- 3 September 2023, 20:15 WIB
Ini 4 Faktor Berpengaruh Kenapa UMR Tiap Daerah Berbeda, Simak Penjelasannya
Ini 4 Faktor Berpengaruh Kenapa UMR Tiap Daerah Berbeda, Simak Penjelasannya /

PORTAL MAJALENGKA - Dalam tiap tahunnya pemerintah daerah selalu menetapkan besaran gaji minimum atau sering disebut UMR (Upah Minimum Regional). Dalam penetapan UMR ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi jumlah perbedaan UMR di tiap daerah.

Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam penetapan UMR ini di antaranya adalah perkembangan ekonomi, tingkat inflasi, dan indeks harga konsumen.

Tingkat inflasi digunakan sebagai indikator untuk menghitung kenaikan harga barang dan jasa. Sementara itu, perkembangan ekonomi digunakan untuk mengukur pertumbuhan perusahaan dan ekonomi daerah.

Baca Juga: Update Harga Terbaru BBM Pertamina Per 1 September 2023, Pertamax Nyaris Naik Rp1.000 per Liter

Dirangkum dari beberapa sumber, inlahi faktor-faktor yang dapat memengaruhi jumlah perbedaan besaran UMR di tiap daerah, antara lain:

1. Faktor kebijakan pemerintah pusat

Kebijakan pemerintah pusat sangat berpengaruh terhadap penetapan jumlah UMR di tiap daerah. Dalam hal ini kebijakan UMR yang ditetapkan Pemerintah pusat harus diikuti oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

Baca Juga: Maman Imanulhaq Sebut Jawa Timur Penting Untuk Raup Suara Anies-Cak Imin

Penetapan kebijakan UMR yang dilakukan pemerintah pusat ini bertujuan untuk menjaga hak-hak pekerja di seluruh Indonesia dan mencegah terjadinya perbedaan gaji yang signifikan antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Ayus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x