Mantan Anggota Dewan Ini Jadi Pengusaha Sayuran Hidroponik, Hasilnya Menjanjikan

- 11 Januari 2021, 22:24 WIB
Muhammad dengan hasil panen sayuran hidroponiknya.
Muhammad dengan hasil panen sayuran hidroponiknya. /Khalid/Portal Majalengka/

PORTAL MAJALENGKA - Kegiatan di masa pandemi Covid-19 lebih banyak di rumah (Work From Home). Banyak cara dan peluang bisnis di masa pendemi yang dilakukan masyarakat lewat kreatifitas serta inovasinya, di antaranya budidaya sayuran hidroponik.

Muhammad, mantan anggota DPRD Kota Cirebon yang menggeluti budidaya sayuran hidroponik kini membuahkan hasilnya. Bahkan, resellernya sudah tersedia baik swalayan maupun ritel.

Berawal dari hobi dan mengisi kesibukan, kini budidaya sayuran hidroponik miliknya mulai diminati berbagai kalangan. Mulai dari ASN, anggota dewan, pensiunan, maupun tokoh masyarakat lainnya dibuatkan instalasi hidroponik lewat tangan terampilnya.

Baca Juga: Jalur Puncak Bogor Ditutup Akibat Longsor Gunung Mas, Ini Jalur Alternatifnya

Saat ini Muhammad sudah memiliki sedikitnya 20 binaan petani hidroponik yang digelutinya dari berbagai kalangan.

"Sejak 2017 saya sudah memiliki instalasi hidroponik yang sekaligus pagar rumah," ujar Muhamad memulai cerita suksesnya.

Muhamad menjelaskan, untuk pemula atau memulai menggeluti hidroponik harus memahami pengetahuan dasar. Untuk modal, idealnya untuk 100 Hole butuh sekitar Rp3 juta. Adapun yang biayanya cukup lumayan, kata dia, yakni pembuatan greenhouse jika satu paket.

Baca Juga: Tok! MUI Keluarkan Fatwa Halal Vaksin Sinovac

"Minimal yang harus dimiliki awal pengetahuan dasar hidoponik dengan modal yang ada dulu. Kalau sudah jalan, Insya Allah mudah ke depannya," paparnya.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x