MUMPUNG Bulan Ramadhan, Yuk Pahami 4 Rukun Qauli, Bacaan dalam Sholat Agar Sah dan Lebih Berkualitas

- 1 April 2024, 15:56 WIB
MUMPUNG Bulan Ramadhan, Yuk Pahami 4 Rukun Qauli, Bacaan dalam Sholat Agar Sah dan Lebih Berkualitas
MUMPUNG Bulan Ramadhan, Yuk Pahami 4 Rukun Qauli, Bacaan dalam Sholat Agar Sah dan Lebih Berkualitas /Pixabay.com/FOTOKITA/

PORTAL MAJALENGKA - Ramadhan merupakan bulan penuh kemulian, bulan dimana Allah SWT membuka pintu ampunan dan rahmat- bagi hamba-Nya yang beriman untuk bertaubat dan berbuat kebaikan.

Bulan Ramadhan menjadi lahan subur bagi tiap muslim untuk beribadah dan beramal shalih, karena Allah SWT telah menjanjikan balasan pahala yang berlipat-lipat.

Di bulan Ramadhan ini kiranya juga tak ada salah untuk KITA jadikan sebagai momen koreksi dan perbaikan pada beberapa ibadah yang rutin kita lakukan, salah satunya sholat.

Baca Juga: Amalan Sunnah yang Dianjurkan Nabi Muhammad pada Hari Raya Idul Fitri, Yuk Amalkan Ini

Selain puasa di bulan Ramadhan, sholat adalah salah satu rukun pokok dalam beragama Islam. Karena itu koreksi dan perbaikan terhadap ibadah sholat menjadi sangat penting agar nilai kualitasnya makin lebih baik.

Dalam shalat sendiri terdapat dua rukun yakni rukun fi’li atau rukun yang berupa gerakan-gerakan sholat dan rukun qauli atau rukun yang berupa bacaan-bacaan dalam sholat. Keduanya memiliki kedudukan rukun yang sama pentingnya dalam shalat.  

Bacaan sholat yang termasuk dalam rukun qauli ini tidak cukup dibaca dalam hati, namun harus dilafalkan pula oleh lisan, minimal bacaan tersebut terdengar oleh dirinya sendiri. 

Baca Juga: Niat Sholat Lailatul Qadar, Waktu Pelaksanaan, Beserta Doa dan Tata Cara Pelaksanaannya

Menurut mazhab Syafi’i, disebutkan bahwa dalam sholat terdapat empat bacaan yang wajib terdengar oleh orang yang shalat, baik ketika berjamaah maupun sholat sendiri.

Halaman:

Editor: Muhammad Ayus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x