Pelabuhan Patimban Manjakan Industri Otomotif

- 21 November 2020, 17:15 WIB
Presiden Jokowi meninjau langsung perkembangan pembangunan pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Jumat 29 November 2019 lalu. Pelabuhan patimban bakal mendorong industri otomotif bersaing
Presiden Jokowi meninjau langsung perkembangan pembangunan pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Jumat 29 November 2019 lalu. Pelabuhan patimban bakal mendorong industri otomotif bersaing /Foto: BPMI Setpres/Kris/

PORTAL MAJALENGKA - Pelabuhan Patimban didedikasikan untuk menjadi hub besar dalam produksi kendaraan bermotor di Indonesia maupun ekspor produk otomotif ke pasar global.

Kementerian Perindustrian menyebut bahwa Pelabuhan Patimban berperan dalam mendongkrak daya saing industri otomotif, karena sebagai pintu gerbang utama dalam proses bongkar muat ekspor dan impor.

Pelabuhan Patimban juga memberikan beragam manfaat bagi perekonomian pusat maupun daerah, melalui peningkatan pajak dan pendapatan negara sebagai dampak meningkatnya konsumsi dan produksi.

Baca Juga: Indonesia Kekurangan 11,04 Juta Unit Rumah

“Kami berpendapat, Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang Jawa Barat yang akan diluncurkan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat, tentu memiliki nilai sangat penting bagi pengembangan industri otomotif nasional,” kata Sekjen Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono lewat keterangan resmi di Jakarta, Sabtu 21 November 2020.

Diharapkan operasional Pelabuhan Patimban dapat membangkitkan optimisme perusahaan industri dan pelaku usaha lainnya, terkait pemulihan ekonomi nasional melalui peningkatan aktifitas ekspor impor serta peningkatan produksi dan konsumsi dalam negeri.

Pihaknya mengajak seluruh pelaku industri otomotif untuk dapat menjadikan Pelabuhan Patimban sebagai mitra strategis dalam aktifitas bongkar muat barang untuk ekspor-impor.

Baca Juga: Patimban City Disiapkan Jadi Sistem Pendukung Pelabuhan Patimban Subang

“Sehingga pelabuhan Patimban ini dapat menjadi pusat perdagangan internasional,” paparnya.

Halaman:

Editor: Hanif Maulana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x