Kartu Prakerja Jadi Program Paling Bermanfaat dalam Mengurangi Angka Pengangguran di Indonesia

- 20 Oktober 2021, 12:32 WIB
Program kartu prakerja menjadi program paling bermanfaat di masa pandemi
Program kartu prakerja menjadi program paling bermanfaat di masa pandemi /Kemenaker/

PORTAL MAJALENGKA - Presiden Joko Widodo dalam kampanyenya ketika mencalonkan diri menjadi bakal calon presiden dulu, mencetuskan akan meluncurkan program Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja difungsikan untuk mengurangi angka pengangguran dengan memberikan pelatihan dan keterampilan kepada penerimanya.

Program Kartu Prakerja mulai terealisasi tahun 2020 lalu, dengan program yang menggunakan cara digital seluruhnya. Dari mulai pendaftaran, pelatihan, hingga insentif yang bisa digunakan untuk modal usaha pun dilakukan secara digital.

Baca Juga: Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 22 Diprediksi Akhir Oktober, Segera Daftar Akun Kartu Prakerja

Kartu Prakerja terbukti memberikan manfaat yang sangat positif, dibuktikan dengan hasil survei. Dari 11 juta penerima manfaat program Kartu Prakerja, diperoleh data survei dibawah ini.

Belum pernah mengikuti pelatihan apapun sebelum mendapatkan kartu prakerja, sebanyak 90 persen. Menggunakan insentif Kartu Prakerja untuk modal usaha sebesar 42,4 persen.

Sebanyak 25,6 persen sekarang terjun jadi wirausaha, karena telah mendapatkan bekal pengetahuan dari mengikuti pelatihan.

Baca Juga: Segera Daftar Akun Kartu Prakerja Gelombang 22, Begini Caranya

34,6 persen yang semula menganggur kini sudah mendapatkan pekerjaan dengan menyertakan sertivikat pelatihan. Namun masih ada 39,85 persen yang masih belum mendapatkan pekerjaan.

Halaman:

Editor: Ayi Abdullah

Sumber: Instagram @prakerja.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x