PENTING! Pahami Fungsi dan Perbedaan Oli Sintetis dan Mineral Biar Mesin Kendaraan Lebih Awet dan Tetap Prima

- 11 Februari 2024, 14:39 WIB
PENTING! Pahami Fungsi dan Perbedaan Oli Sintetis dan Mineral Biar Mesin Kendaraan Lebih Awet dan Tetap Prima
PENTING! Pahami Fungsi dan Perbedaan Oli Sintetis dan Mineral Biar Mesin Kendaraan Lebih Awet dan Tetap Prima /Autochem Industry

PORTAL MAJALENGKA - Memahami fungsi berikut perbedaan oli sintetis dan mineral menjadi hal penting bagi para pengguna serta pemilik kendaraan bermotor. Manfaatnya untuk menjaga kondisi mesin kendaraan biar awet dan tetap prima.

Kinerja mesin kendaraan tidak bisa lepas dari oli atau pelumas. Oli memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan komponen bagian dalam mesin, sehingga kondisinya tetap awet.

Oli mesin terdiri dari unsur lapisan-lapisan tipis yang dapat mereduksi terjadinya gesekan antar logam pada komponen mesin. Sehingga goresan atau keausan di dalamnya dapat terantisipasi.

Baca Juga: 3 Komponen Utama Ini Penting Diperhatikan Pengguna Kendaraan Metik, Berikut Tips Perawatannya

Berdasarkan kandungannya oli dapat dibagi menjadi dua tipe, yakni tipe oli mineral dan sintetis. Untuk membedakan kedua tipe oli ini bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Pertama, bisa dilihat dari segi harganya. Dibanding oli mineral, tipe oli sintetis memiliki harga lebih tinggi. Bahkan harga oli sintetis ini bisa sampai 4 kali atau lebih dari harga oli mineral.

Berikutnya untuk membedakan kedua tipe oli ini adalah dengan memperhatikan label yang ada di kemasan atau botol oli. Kebanyakan produsen oli akan mencantumkan keterangan yang diproduksinya. Seperti tertera keterangan Full Syntethic, Syntethic Technology, Syntethic Force, Semi syntethic, ataupun Mineral.

Baca Juga: Peringatan Isra Mi'raj Ponpes Modern Ar-Rahmat Majalengka, Habib Miqdad Ajak Bersyukur dan Bersholawat

Cara ketiga untuk bisa memahami perbedaan tipe oli bisa dilakukan dengan memerhatikan keterangan data produk di botol kemasan.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x