Ribuan Jamaah Hadir di Manaqib Kubro dan Haul Kiai Engkat di PP Kebon Kelapa Cirebon

- 13 Januari 2024, 10:37 WIB
Ribuan Jamaah Hadir di Manaqib Kubro dan Haul Kiai Engkat di PP Kebon Kelapa Cirebon
Ribuan Jamaah Hadir di Manaqib Kubro dan Haul Kiai Engkat di PP Kebon Kelapa Cirebon /

PORTAL MAJALENGKA - Pondok Pesantren Kebon Kelapa Al Ma'rifah Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon, menggelar kegiatan rutin Manaqib Kubro Syeh Abdul Qodir Jailani di setiap awal bulan, Sabtu 6 Januari 2024.

Dihadiri kurang lebih 4 ribu orang jemaah, manaqib kali ini berbarengan dengan Haul Kiai Engkat ke 4.

Kegiatan ini juga dihadiri para tokoh ulama dan tamu undangan, di antaranya KH Subhan Makmun, KH Asmawi, Sultan Abdul Ghoni dari Kesultanan Cirebon, dan Nyai HJ Masriah Amva.

Baca Juga: Ikhwanul Muballighin Alihkan Dukungan dari Pasangan Capres Cawapres Pemilu 2024 Ganjar-Mahfud ke Prabowo-Gibra

Tokoh agama lainnya yang hadir seperti KH Mas'ud dari Bogor, KH Hasan Rohmat, K Robet Hasmi, K Abu Naim, K Sodikin Ali, KH Nawawi, KH Oban Kuningan, dan Habib Zaki turut memeriahkan acara.

Pimpinan Majelis Dzikir Wal Manaqib Al-Ma'rifah, KH Syamsul Ma'arif mengatakan, pada peringatan Manaqib ini bertepatan dengan wafatnya seorang ulama yang dikenal sangat alim dan bijaksana yakni Kiai Engkat.

Tradisi haul juga diadakan berdasarkan hadits Rasulullah Saw yang diriwayatkan Imam Muslim.

Baca Juga: Misi Besar Arsan Makarin untuk Tim Persib Bandung Berprestasi, Semua Menu Latihan Ia Lahap

"Rasulullah berziarah ke makam Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dalam perang Uhud dan makam keluarga Baqi. Beliau mengucap salam dan mendoakan mereka atas amal-amal yang telah mereka kerjakan (HR Muslim)," kata Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ma'rifah Cirebon.

Halaman:

Editor: Muhammad Ayus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah