Penting Tahu! Penggunaan Fast Charging Punya Risiko Buruk bagi Kesehatan Baterai Smartphone, Ini Penjelasannya

- 27 Desember 2023, 13:05 WIB
Penting Tahu! Penggunaan Fast Charging Punya Risiko Buruk bagi Kesehatan Baterai Smartphone, Begini Penjelasannya
Penting Tahu! Penggunaan Fast Charging Punya Risiko Buruk bagi Kesehatan Baterai Smartphone, Begini Penjelasannya / Foto Ilustrasi/Raimond Spekking /

PORTAL MAJALENGKA - Kehadiran Fast charging atau pengisian daya cepat pada smartphone saat ini dirasakan sangat membantu pengguna dalam menikmati berbagai pengalaman dengan lancar. Pengguna tidak lagi dicemaskan dengan pengisian daya yang memakan waktu lama .

Namun demikian, ternyata teknologi fast charging ini juga memiliki dampak negatif atau risiko buruk terutama terhadap kesehatan baterai smartphone itu sendiri.

Untuk itu, pengguna disarankan agar mengikuti pedoman atau petunjuk yang direkomendasikan produsen fast charging tersebut. Tentunya hal itu penting dilakukan untuk menjaga kesehatan baterai dalam jangka panjang.

Baca Juga: Ayo ke Balikpapan! Cek Jadwal Penerbangan di BIJB Kertajati Majalengka Rabu 27 Desember 2023

Dirangkum dari berbagai sumber berikut inilah beberapa risiko penggunaan fast charging yang perlu dipahami pengguna, di antaranya:

1. Suhu baterai meningkat secara cepat

Fast charging menimbulkan proses daya masuk secara signifikan dan cepat. Akibatnya suhu baterai meningkat pesat. Hal itu dapat merusak sel-sel baterai. Sehingga sangat memungkinkan baterai akan mengalami degradasi cepat.

Jika proses pengisian cepat dilakukan secara terus-menerus, maka tidak menutup kemungkinan usia pakai baterai smartphone akan lebih pendek.

Baca Juga: WOW BANYAK RUTE! Ini Jadwal Penerbangan Kedatangan di BIJB Kertajati Majalengka Rabu 27 Desember 2023

2. Sel baterai akan mengalami kerusakan

Proses pengisian daya cepat melibatkan arus yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan kerusakan kimia pada sel baterai. Ini dapat memengaruhi kapasitas baterai dan kinerjanya seiring waktu.

Dari proses pengisian daya cepat bisa menyebabkan kimia pada sel baterai. Sehingga bisa mengalami kerusakan yang diakibatkan arus tinggi masuk secara cepat.

Halaman:

Editor: Husain Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah