Selasa Rupiah Melemah, Rabu Juga Berpotensi Melemah

- 16 Desember 2020, 11:45 WIB
Salah seorang karyawan bank menunjukan pecahan rupiah dan dolar. Kurs rupiah terhadap dolar AS melemah
Salah seorang karyawan bank menunjukan pecahan rupiah dan dolar. Kurs rupiah terhadap dolar AS melemah /Antara

PORTAL MAJALENGKA - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa 15 Desember 2020 sore ditutup melemah meski neraca perdagangan November 2020 mengalami surplus.

Rupiah ditutup melemah 25 poin atau 0,18 persen ke posisi Rp14.120 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp14.095 per dolar AS.

Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu 16 Desember 2020 juga berpotensi melemah dipicu kebijakan pengetatan aktivitas ekonomi domestik.

Baca Juga: Mestinya Menguat, Rupiah Ditutup Melemah 15 Poin

Pada pukul 9.31 WIB, rupiah masih stagnan di posisi Rp14.120 per dolar AS, sama dengan posisi penutupan sehari sebelumnya.

“Hari ini, rupiah bisa melemah terhadap dolar AS karena mendapat sentimen negatif dari kebijakan pengetatan aktivitas ekonomi,” kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Rabu.

Pengetatan kegiatan ekonomi dilakukan karena kekhawatiran peningkatan kasus Covid-19 di Tanah Air yang memang sekarang terus meninggi.

Baca Juga: Optimisme Vaksin Covid-19 Dorong Rupiah Menguat

Menurut Ariston, pengetatan aktivitas berpotensi melambatkan pemulihan ekonomi. Sementara persetujuan vaksin masih awal tahun depan.

Halaman:

Editor: Hanif Maulana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x