Penantian Sandy Walsh yang Berdarah Surabaya-Malang Usai, Siap Bela Timnas Indonesia

- 30 November 2022, 18:30 WIB
Perpindahan federasi Sandy Walsh resmi diterima oleh FIFA, pemaim berdarah Surabaya-Malang itu bisa memperkuat timnas Indonesia.
Perpindahan federasi Sandy Walsh resmi diterima oleh FIFA, pemaim berdarah Surabaya-Malang itu bisa memperkuat timnas Indonesia. /PSSI

 

PORTAL MAJALENGKA – Penantian panjang pemain bola kelahiran Belgia, Sandy Walsh untuk membela timnas Indonesia selama kurang lebih 5 tahun berakhir sudah.

Hal tersebut seiring dengan terbitnya surat balasan dari FIFA yang mengesahkan peralihan federasi dari pemain yang kini tengah membela klub Top Tier Belgia, KV Mechelen, 29 November 2022.

Cerita tentang proses alih kewarganegaraan atau juga dikenal dengan istilah naturalisasi Sandy Walsh sendiri cukup panjang. Berawal dari ungkapan ketertarikannya tahun 2017 untuk membela timnas Indonesia karena memiliki darah Surabaya-Malang dari sang ibunda, Brigitta Portier.

Baca Juga: Saddil dan Sandy Walsh Sudah Ikut TC Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022, Bagaimana Elkan, Egy, dan Witan?

Brigitta Portier sendiri merupakan putri dari pasangan yang berasal dari Surabaya dan nenek yang berasal dari Malang. Darah Indonesia Sandy Walsh bahkan masih tampak dari wajah sang ibundanya.

Brigitta kemudian menikah dengan pria kebangsaan Inggris, Irlandia, dan Swiss yang membuat Sandy memiliki banyak opsi untuk memilih timnas yang akan dibelanya kelak.

Dari catatan transfermarkt, dia bahkan sempat membela timnas junior Belanda dari level usia 15 tahun hingga level 20 tahun.

Pernyataan dari Sandy Walsh yang tengah membela SV Zulte Waregem kemudian membuatnya mulai dilirik oleh sang pelatih timnas Indonesia saat itu, Luis Milla.

“Saya sudah lihat dan pantau dari jauh. Ini kabar bagus karena semakin banyak pemain berkualitas, saya senang. Yang penting pemainnya mau dulu main di Indonesia," ucap sang pelatih.

Halaman:

Editor: Ayi Abdullah


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x