Climate Central Laporkan 3 Kota di Indonesia Masuk Daftar Kota dengan Anomali Suhu Panas

- 8 Juni 2024, 18:01 WIB
Ilustrasi - Climate Central Laporkan 3 Kota di Indonesia Masuk Daftar Kota dengan Anomali Suhu Panas
Ilustrasi - Climate Central Laporkan 3 Kota di Indonesia Masuk Daftar Kota dengan Anomali Suhu Panas /Foto: Pexels/

PORTAL MAJALENGKA - Climate Central mengeluarkan laporan yang menyebutkan di Indonesia ada 3 kota yang masuk daftar kota dengan suhu panas tidak biasa atau anomali yang diperburuk oleh perubahan iklim periode Maret-Mei 2024.

Ke-3 kota di Indonesia dalam laporan Climate Central yang masuk daftar kota dengan anomali suhu panas tidak biasa ini adalah Makassar, Semarang, dan Jakarta.

Dikutip Portal Majalengka dari Antara Jumat, di Jakarta, laporan "People Exposed to Climate Change: March-May 2024", memperlihatkan 3 kota dengan anomali suhu panas adalah Makassar di Sulawesi Selatan, Semarang di Jawa Tengah, dan Jakarta masuk daftar kota-kota dengan suhu panas tidak biasa yang diperparah oleh perubahan iklim.

Baca Juga: Asian Development Bank: Flip the Switch! Wujudkan Transisi Energi yang Adil Segera!

Dari laporan Climate Central yang dirilis pada Kamis, 6 Juni 2024 menempatkan Makassar berada di posisi urutan teratas daftar kota di dunia dengan anomali suhu panas disebabkan perubahan iklim.

Posisi tersebut diambil berdasarkan catatan 92 hari berada dalam indeks pergeseran iklim atau climate shift index (CSI) level 3 atau lebih tinggi dan anomali suhu mencapai 1,2 derajat Celcius.

Sementara Semarang berada di posisi ke-11 daftar yang sama dengan catatan 88 hari pada CSI level 3 atau lebih tinggi dan anomali suhu 1,4 derajat Celcius.

Baca Juga: Klinik MBKM Mandiri Jadi Solusi Atasi “Demam” MBKM

Adapun Jakarta masuk daftar kota-kota besar global berada di urutan keempat dengan catatan 77 hari pada CSI level 3 atau lebih tinggi dan anomali suhu 0,9 derajat Celcius.

Halaman:

Editor: Muhammad Ayus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah