Permudah Birokrasi, Pemkab Sumedang Terapkan Aplikasi e-Office

- 16 September 2020, 15:57 WIB
Alun-alun Sumedang.* /Pikiran-Rakyat.com/Abdul Muhaemin/

PORTAL MAJALENGKA - Dalam upaya mewujudkan Sumedang Happy Digital Region, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, kini telah menerapkan aplikasi e-Office untuk seluruh tenaga strukturalnya.

e-Office sendiri, awalnya sengaja dibangun oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik), untuk meminimalisir penggunaan kertas dalam administrasi perkantoran, korespondensi surat-menyurat bagi pegawai struktural di Lingkungan Pemkab Sumedang.

Namun belakangan ini, e-Office milik Pemda Kabupaten Sumedang, khususnya penerapan tanda tangan digital bagi pegawai struktural, ternyata malah menjadi pilot project bagi daerah-daerah lain.

Baca Juga: Aturan Baru, Membuka Peluang Perusahaan Konstruksi Jabar Mendapatkan Proyek PUPR

Sampai-sampai, banyak kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat, yang kini tertarik untuk mencontoh aplikasi e-Office milik Pemda Kabupaten Sumedang.

Seperti yang disampaikan Kepala Bidang Informatika pada Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang, Mamat Rohimat, Selasa 15 September 2020.

Menurut Mamat, tanpa diduga sebelumnya tanda tangan digital pada aplikasi e-Office ini ternyata bisa menjadi percontohan bagi daerah lain.

Baca Juga: Eks Bupati Indramayu Dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke RS Hermina

"Kabupaten Bandung dan Kabupaten Pangandaran misalnya. Kedua kabupaten ini telah datang ke sini untuk melakukan study banding terkait e-Office yang kita miliki," kata Mamat.

Halaman:

Editor: Andra Adyatama

Sumber: Kabar Priangan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X