Bangun Sumur Bor, Kemensos Pasok hingga 10.000 Liter Air Bersih Per Hari di Pengungsian Warung Kondang Cianjur

- 4 Desember 2022, 11:14 WIB
Kemensos membangun sejumlah fasilitas air bersih yang bersumber dari sumur bor yang dibangun untuk membantu pengungsi gempa Cianjur di Warung Kondang
Kemensos membangun sejumlah fasilitas air bersih yang bersumber dari sumur bor yang dibangun untuk membantu pengungsi gempa Cianjur di Warung Kondang /Humas Kemensos

PORTAL MAJALENGKA - Salah satu kebutuhan yang sangat krusial penyintas gempa Cianjur adalah air bersih. Warga terdampak kesulitan air bersih karena sarana untuk itu ikut hancur terdampak gempa. Apalagi mereka harus hidup di pengungsian.

Untuk itu, Kemensos memasok tambahan air bersih dengan membuat sumur bor di beberapa lokasi pengungsian. Seperti di Lapangan Jagaraksa Kecamatan Warung Kondang dan Lapangan Cariu Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

“Bu Menteri Sosial mengarahkan untuk melakukan pengeboran air agar bisa digunakan untuk warga pengungsi. Tentu di kondisi bencana dan tempat pengungsian ini kebutuhan air bersih sangat besar, maka pasokannya harus memadai,” kata Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung Rahmat Koesnadi, Sabtu, 3 Desember 2022.

Baca Juga: Update Korban Jiwa Gempa Bumi Cianjur Bertambah Mencapai 331 Orang, dan 11 Orang dalam Pencarian

Proses pengeboran air penuh perjuangan sehingga baru selesai selama 7 hari. Karena di dalam tanah banyak terdapat bebatuan. Namun pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin agar pengeboran berhasil.

Bebatuan di dalam tanah menyebabkan mata bor beberapa kali rusak. Suku cadang harus didatangkan dari Bandung dan pengerjaan tertunda.

Selama pengeboran, curah hujan tinggi dari sore hingga malam juga menyebabkan proses pengeboran sedikit terganggu. Demi mengejar waktu proses pengeboran dilanjutkan hingga malam hari.

Baca Juga: Siaga Gempa Garut Magnitudo 6,4 terkait Bahaya Kelistrikan, PLN Ingatkan Warga untuk Lakukan Ini

Waktu pengeboran di malam hari membutuhkan upaya ekstra. Walau begitu, sumur bor berhasil mengeluarkan air bersih setelah mencapai kedalaman 32 meter. Pembuatan sumur bor yang memakan waktu cukup lama kini membuahkan hasil.

Halaman:

Editor: Husain Ali

Sumber: Humas Kemensos


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x