Haul Mbah Buyut Kyai Jago Desa Putridalem, Diiringi Kirab Budaya

- 11 Juli 2022, 13:37 WIB
Kirab pusaka dan budaya mengiringi Haul Mbah Buyut Kyai Jago Desa Putridalem Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka.
Kirab pusaka dan budaya mengiringi Haul Mbah Buyut Kyai Jago Desa Putridalem Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka. /Pikiran Rakyat/Portal Majalengka/Kusnudin

PORTAL MAJALENGKA - Tradisi Haul Mbah Buyut Kyai Jago desa Putridalem Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka diisi berbagai kegiatan.

selain ritual doa istigosah, tradisi ini juga diisi dengan pentas seni, kirab pusaka dan budaya. Kirab tersebut dilakukan dengan mengelilingi desa setempat.

"Haul ini merupakan tradisi untuk menghormati para leluhur yang rutin dilaksanakan setiap tahunan yang dilakukan Masyarakat Desa Putridalem,” ujar Ustadz Abdul Rojak, Ketua Lembaga Adat Desa Putridalem.

Baca Juga: 5 Kiai Paling Sakti di Tanah Jawa, Bisa Menyemburkan Api Bahkan Dibom 8 Kali Tidak Mati: Karomah para Wali

Kepala Desa Putridalem, Endah Hendrawati mengatakan, Haul ini merupakan wahana silaturahmi kepada orang tua dari kakek nenek, atau bisa disebut nenek moyang atau sesepuh. Acara haul ini akan dilaksanakan sehari dengan berbagai kegiatan.

“Untuk meriahkan acara tersebut, banyak kegiatan yang akan kami selenggarakan, diantaranya kirab pusaka dan budaya, Doa Bersama, dan pentas seni,” jelas Endah.

Masih menurut Endah, dalam rangka memeriahkan Haul Mbah Buyut Kyai Jago, juga akan diadakan hiburan tari jaipong dan pagelaran seni yang diisi beberapa seniman.

Baca Juga: Tahun 2022 Penderita HIV/AIDS di Majalengka Bertambah

“Dalam kegiatan ini kami bekerjasama dengan BPD, Karang Taruna, lembaga Desa, dan Pemkab Majalengka. Acara adat ini dalam rangka syukuran kepada Gusti Allah SWT, moga-moga acara adat ini terus berlanjut di tahun-tahun mendatang, ” imbuh Endah.

Halaman:

Editor: Andra Adyatama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah