Beberapa Jenis Kerajinan Bambu yang Ada di Majalengka

- 16 September 2020, 12:23 WIB
Pengrajin anyaman Bambu di Kecamatan Sindangwangi Majalengka /Portal Majalengka/Andra Adyatama

PORTAL MAJALENGKA - Perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM) yang berbasis kerakyatan di Kabupaten Majalengka, berkembang cukup baik, salah satunya industri kerajinan anyaman bambu.

Menurut sejumlah pengrajin anyaman  bambu  di beberapa desa di Kabupaten Majalengka, seperti di Desa Karayunan Kecamatan Cigasong, Desa Mindi kecamatan Leuimunding, desa Jatitujuh kecamatan Jatitujuh, dan Desa Trajaya Kecamatan Palasah, sekarang ada sekitar 200 pengrajin anyaman bambu.

Dari jumlah tersebut ada beberapa kerajinan yang dihasilkan, namun sebagian besar memproduksi bilik batik. Bilik batik yang dihasilkan para pengrajin tersebut sangat diminati oleh pasar, termasuk pasar dari luar Provinsi Jawa Barat. Apa saja kerajinannya, yuk simak.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! 5 Manfaat Pohon Aren yang banyak Terdapat di Majalengka

1. Bilik Bambu

Dari penuturan Ujang pengrajin anyaman bambu di Desa Karayunan Kecamatan Cigasong mengatakan, di daerahnya sekarang ada sekitar 50 pengrajin anyaman bambu.

“Bilik batik yang dihasilkan oleh pengrajin di sini sangat baik sehingga sangat diminati oleh pasar, termasuk pasar dari luar daerah, seperti Jawa Tengah, Bali, Sumatera dan daerah lainnya,” ungkapnya, Rabu 16 September 2020.

Sayangnya kata dia, tidak semua pesanan yang datang bisa dipenuhi oleh perajin.

Baca Juga: Bupati Majalengka: Kantor yang Sehat, Dimulai dari Bebas Asap Rokok

Halaman:

Editor: Andra Adyatama


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X