BIAR Paham Unit Kelistrikan Sepeda Motor, Kenali 4 Komponen Penting Ini

- 21 Mei 2024, 18:00 WIB
Harus tahu, kiprok salah satu komponen kelistrikan pada sepeda motor.
Harus tahu, kiprok salah satu komponen kelistrikan pada sepeda motor. /

PORTAL MAJALENGKA - Berikut ini 4 komponen penting yang jadi satu kesatuan unit kelistrikan pada sepeda motor. Keempat komponen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Ke-4 komponen kelistrikan ini jadi satu kesatuan yang saling mendukung performa kelistrikan pada sepeda motor agar dapat tampil optimal.

Jika salah satu di antara  ke-4 komponen ini mengalami kerusakan maka bisa dipastikan kondisi kelistrikan sepeda motor akan mengalami masalah.

Baca Juga: Tidak Asal Cuci, Begini Cara Bersihkan Filter Udara Sepeda Motor yang Benar

Keempat komponen kelistrikan tersebut bekerja secara terhubung, sehingga jika salah satunya mengalami kerusakan aliran listrik akan terputus.

Dan berikut inilah 4 Komponen penting yang menjadi satu kesatuan unit kelistrikan pada sepeda motor tersebut, antara lain:

1. Spul

Spul merupakan komponen utama dalam sistem kelistrikan sepeda motor. Komponen ini menjadi pembangkit listrik pada motor. Dari komponen ini bisa  dihasilkan listrik arus AC atau DC.

Adapun prinsip kerja spul ini sama seperti dinamo. Didalamnya terdapat magnet yang berperan sebagai rotor dan lilitan atau kumparan tembaga sebagai stator.

Ketika motor dihidupkan, posisi magnet yang jadi rotor akan berputar, sedangkan kumparan tembaga yang menjadi stator tetap diam.

Halaman:

Editor: Ayi Abdullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah