CARA GAMPANG Bedakan Arus Listrik AC dan DC Pada Sepeda Motor Tanpa Perlu Bingung

- 14 Mei 2024, 10:30 WIB
Ilustrasi lampu sepeda motor yang menggunakan arus listrik AC atau DC.
Ilustrasi lampu sepeda motor yang menggunakan arus listrik AC atau DC. /tangkapan layar youtube.com /bagecu channel

PORTAL MAJALENGKA - Ada cara gampang untuk membedakan kelistrikan pada sepeda motor, mana arus listrik AC (Alternating Current) dan mana arus  DC (Direct Current), tanpa harus bingung.

Kelistrikan sepeda motor secara umum dapat dibedakan ke dalam dua jenis yakni AC atau dikenal dengan listrik arus bolak balik, sementara jenis arus keduanya adalah DC atau sering disebut listrik arus searah.

Pada beberapa jenis sepeda motor memang ada yang menggunakan kedua jenis arus listrik ini. Namun arus listrik AC dan DC tersebut tetap masih  bisa dibedakan. Adapun untuk  membedakannya bisa menggunakan  cara gampang seperti berikut.

Baca Juga: 5 Penyebab Bikin Bendik Starter Motor Matic Bermasalah, Simak Cara Mengatasinya

Cara gampang yang bisa dilakukan dalam mengenali sekaligus membedakan arus listrik AC atau DC adalah bisa dengan cara memperhatikan kondisi cahaya lampu depan pada motor.

Lampu depan motor yang menggunakan arus listrik AC dapat dikenali ketika mesin motor dalam keadaan mati lampu ikut mati. baru akan nyala ketika mesin hidup.

Untuk dipahami hal itu terjadi, karena sumber arus listrik AC pada motor bersumber dari spul. Spul menyuplai arus listrik yang dikontrol kiprok ke lampu depan.

Adapun arus listrik AC perlu melewati kontrol kiprok tujuannya untuk dikondisikan atau disesuaikan kebutuhan bohlam agar tidak putus.

Cahaya pada lampu depan yang menggunakan sumber arus AC akan meredup ketika kondisi mesin motor sedang idle (langsam). Cahaya tersebut akan terang putaran mesin meningkat di atas 2.000 rpm.

Halaman:

Editor: Ayi Abdullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah