Dahsyatnya Keramat Wali Allah, Mbah Hasyim Asy'ari Dapat Kurangi Sakit Jenderal Sudirman Hanya dengan Ucapan

- 5 Juli 2022, 22:46 WIB
Dahsyatnya Keramat Wali Allah, Mbah Hasyim Asy'ari Dapat Kurangi Sakit Jenderal Sudirman Hanya dengan Ucapan
Dahsyatnya Keramat Wali Allah, Mbah Hasyim Asy'ari Dapat Kurangi Sakit Jenderal Sudirman Hanya dengan Ucapan /Instagram @Ijazahdoa

PORTAL MAJALENGKA - Sebagai seorang ulama terkemuka pada masa penjajahan, Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari atau yang akrab disapa Mbah Hasyim memiliki peranan penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Semasa hidupnya, Mbah Hasyim Asy'ari menjalin kedekatan dengan beberapa tokoh pejuang kemerdekaan. Sebut saja seperti Jenderal Sudirman dan Bung Tomo.

Kedua tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia tersebut sering berdiskusi dengan Mbah Hasyim Asy'ari untuk meminta pendapat mengenai strategi perang guna memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Baca Juga: Karomah Wali Allah, Mbah Hasyim Asy'ari Tahu Kebohongan Santri hingga Membuatnya Marah

Mbah Hasyim Asy'ari juga mendapat gelar sebagai pahlawan nasional kemerdekaan Indonesia atas jasa-jasanya untuk bangsa dan negara.

Pada masa penjajahan, hubungan Mbah Hasyim Asy'ari dengan Jenderal Sudirman terjalin dengan sangat baik. Bahkan sang Jenderal kerap berkunjung ke rumah Mbah Hasyim.

Putra bungsu Mbah Hasyim, Yusuf Hasyim, menjemput Jenderal Sudirman di depan gerbang untuk menyampaikan keinginannya bergabung dengan pasukan Indonesia dalam rangka membela kedaulatan bangsa.

Baca Juga: Karomah Wali, Mbah Hasyim Asy'ari Lakukan Hal Ini untuk Kembalikan Rumah Doyong Menjadi Tegak

Ketika itu, Jenderal Sudirman dalam kondisi sakit. Keinginan Yusuf kemudian disampaikan pada ayahnya, Mbah Hasyim lalu membalas keinginan sang putra dengan senyuman.

Halaman:

Editor: Husain Ali

Sumber: Youtube A'az Ibad


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x