Tips Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi setelah Hari Raya Idul Adha

- 24 Mei 2024, 22:15 WIB
Ilustrasi Daging Sate Kurban. Tips Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi setelah Hari Raya Idul Adha.
Ilustrasi Daging Sate Kurban. Tips Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi setelah Hari Raya Idul Adha. /Pixabay

PORTAL MAJALENGKA - Setelah Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban tak banyak dari masyarakat Indonesia yang mengeluhkan kadar kolesterolnya yang naik drastis. Hal itu bisa disebabkan karena terlalu banyak konsumsi daging kambing.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa makanan penurun kadar kolesterol tinggi. Terdapat beberapa makanan yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol di atas normal seperti saat Hari Raya Kurban atau Hari Raya Idul Adha.

Berikut beberapa makanan yang membantu menurunkan kadar kolesterol saat banyak mengonsumsi daging kurban di Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga: 2 Masalah Penting Terkait Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban yang Perlu Dipahami Seorang Muslim

1. Buah-buahan tinggi serat

Buah-buahan dengan kandungan tinggi serat sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Rutin mengonsumsi buah dengan tinggi serat akan membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami.

Adapun beberapa buah yang bisa dikonsumsi saat kolesterol tinggi yaitu apel, anggur, strawberry, jeruk, pir, alpukat, pepaya, dan pisang.

2. Sayur-sayuran dengan kandungan pektin

Konsumsi sayur-sayuran dengan kandungan pektin bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sayuran yang memiliki daun berwarna hijau gelap bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Baca Juga: KISAH RADEN FATAH Murid Sunan Ampel dengan Leluhurnya Laksamana Ceng Ho

Adapun sayuran yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol, yaitu okra, terong, wortel, kentang, lobak, kacang panjang, kacang polong, brokoli, dan bayam.

3. Ikan laut

Ikan laut banyak mengandung minyak dan kandungan asam lemak omega-3. Konsumsi ikan laut mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Halaman:

Editor: Husain Ali

Sumber: YouTube dr. Cahyo EDUKES


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah