ILO Dukung Pemerintah Indonesia Cipatakan Pekerja yang Kompetititf

- 17 Mei 2024, 07:58 WIB
ILO meluncurkan temuan-temuan utama mengenai kebutuhan akan pengembangan keterampilan dan situasi ketenagakerjaan di sektor elektronik Indonesia.
ILO meluncurkan temuan-temuan utama mengenai kebutuhan akan pengembangan keterampilan dan situasi ketenagakerjaan di sektor elektronik Indonesia. /Pikiran Rakyat/Portal Majalengka/

PORTAL MAJALENGKA - Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) meluncurkan temuan-temuan utama laporannya yang bertajuk “Pengembangan Keterampilan dan Situasi Ketenagakerjaan Sektor Elektronik Indonesia” hari ini pada Kamis 16 Mei 2024 di Jakarta.

Studi komprehensif ini menyoroti komitmen pemerintah Indonesia dalam mengembangkan angkatan kerja yang kompetitif dan terampil sejalan dengan spesifikasi kebutuhan sektor elektronik.

Temuan-temuan utama studi ini secara resmi diluncurkan saat Dialog Nasional mengenai Strategi untuk Mempromosikan dan Mengembangkan Tenaga Kerja Terampil dalam Rantai Pasokan yang Bertanggung Jawab di Sektor Elektronik.

Baca Juga: Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Disiapkan STY untuk 2 Laga Sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026

Acara ini dihadiri M. Rudy Salahuddin, Deputi Bidang Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Prof Warsito, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Simrin Singh, Direktur ILO untuk Indonesia dan Timor-Leste.

Penelitian ini dilakukan bekerja sama dengan Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI).

Studi ini memadukan metode kualitatif, analisis data sekunder dan wawancara mendalam dengan para pengusaha dan pekerja dari lima perusahaan elektronik.

Baca Juga: Bupati Cirebon Serahkan 40 Bentor untuk Warga NU, Perkuat Prekonomian

Studi juga terfokus pada tren industri, otomatisasi dan digitalisasi yang memberikan pengamatan menyeluruh mengenai kebutuhan sektor ini dari usaha kecil hingga industri berskala besar.

Halaman:

Editor: Andra Adyatama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah